Sekda Sultra Buka Bimtek Penyusunan LPPD

Sekda Sultra Asrun Lio berpose bersama peserta Bimtek LPPD, di Hotel Azizah Syahriah Kendari, Selasa 14 Februari 2023.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Tahun 2022 di wilayah Sulawesi Tenggara tahun Anggaran 2023 di Hotel Azizah Syahriah Kendari, Selasa 14 Februari 2023.

Hadir secara langsung, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, para Narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) RI, dari OPD lingkup Kabupaten/Kota dan Provinsi. Serta hadir juga secara virtual Direktur Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah Mendagri RI.

Kegiatan ini diselenggarakan selama 3 (tiga) hari oleh Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Sekretariat Daerah Provinsi Sultra.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Syahrir Ramadhan (Kepala Bagian Otonomi Daerah) menyampaikan beberapa hal terkait dasar penyelenggaran kegiatan.

Yakni, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah.

Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setprov Sultra saat menggelar Bimtek penyusunan LPPD di Hotel Azizah Syahriah Kendari, Selasa 14 Februari 2023.

Kegiatan ini digelar dalam rangka memberikan pengetahuan dan pemahaman terhadap tim kerja LPPD, baik dari Tim Provinsi maupun Tim Penyusunan LPPD Kabupaten.

Sekda Sultra Asrun Lio saat membacakan sambutan Gubernur Sultra menyampaikan, Bimtek LPPD ini adalah laporan tahunan yang disampaikan Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat yang memuat capaian kinerja pemerintah daerah dan pelaksanaan tugas selama 1 Tahun. Sehingga diperlukan menyusun dokumen secara lengkap serta laporan penyelenggaran pemerintah daerah secara sistematis dan terbaca oleh pemerintah pusat.

Dikatakan, yang paling utama adalah kita perlu membentuk tim penyusunan yang terdiri dari beberapa Biro. Selain itu, Inspektorat juga terlibat didalamnya dalam rangka menyiapkan data-data yang bisa dirangkum dari berbagai sumber. Data boleh saja dari masing-masing OPD, data dari BPS, serta dari instansi-instansi terkait yang di telusuri oleh tim  dan mendukung LPPD.

“Kegiatan Bimtek ini adalah utusan-utusan terbaik dari masing-masing Kabupaten/Kota dan Provinsi dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman,” ungkapnya.

Asrun Lio berharap, peserta dapat berperan aktif pada setiap sesi yang disampaikan oleh narasumber. Sehingga nantinya bisa menyusun laporan penyelenggaraan pemerintah daerah dengan sebaik-baiknya serta menyusun laporan tepat waktu dan efisien. (C)

Reporter: Iqra Yudha

Facebook Comments