Wagub Sultra Ikut Peringatan Isra Mikraj di Kolut

Wagub Sultra Lukman Abunawas saat memberikan sambutan pada peringatan Isra Mikraj yang digelar di Gedung Islamic Center Kabupaten Kolut, Sabtu 18 Februari 2023.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Wakil Gubernur (Wagub) Sulawesi Tenggara (Sultra) Lukman Abunawas menghadiri acara peringatan Isra Mikraj Nabi Besar Muhammad SAW di Gedung Islamic Center-Masjid Agung Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), Sabtu 18 Februari 2023.

Acara ini juga dirangkaikan dengan pengukuhan Pengurus Masjid Tingkat Kecamatan dan Wisuda Santri TPA/TPQ se-Kabupaten Kolut.

-Advertisement-

Hadir pada acara tersebut, Pj Bupati Kolut Parinringi, Sekda Kolut Taufiq, Wakil Rektor Bidang Kerjasama UIN Alaudin Makassar, AGH. KH. Kamaluddin Abunawas Bintang, M.Ag, mantan Bupati Kolut Nurachman, Dandim Kolaka, Kapolres Kolut, dan para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut.

Selain itu acara ini juga dihadiri oleh para pimpinan Lembaga Pendidikan Islam, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda serta para kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kolut dan para santri.

Dalam sambutannya, Wagub Sultra Lukman Abunawas menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Kolut serta Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabuapten Kolut yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Pada kesempatan itu, Lukman Abunawas mengukuhkan Pengurus 33 Dewan Masjid Indonesia se-Kabupaten Kolut. Lukman hadir dalam kapasitas sebagai Ketua DPW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Sultra.

Lukman Abunawas memuji kegiatan yang diselenggarakan Pemkab Kolut tersebut karena sangat meriah dengan gedung yang sangat representatif.

Wagub Sultra Lukman Abunawas saat menyerahkan bantuan Alquran kepada Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Kolaka Utara, Dr. Taufiq di Gedung Islamic Center, Sabtu 18 Februari 2023.

Bukan hanya itu, Lukman Abunawas juga memuji kepemimpinan mantan Bupati Kolaka Utara Nurachman yang telah memimpin Kabupaten Kolut selama 5 tahun yang telah banyak memberi kontribusi pembangunan, terutama pembangunan sumber daya bercirikan Islam.

Mantan Sekda Sultra ini mengatakan, seorang pemimpin harus memiliki ciri yaitu pertama, amanah atau dapat dipercaya. Kedua, menjadi pengayom masyarakat. Ketiga, selalu istiqomah. Keempat, memiliki ciri konsisten. Dan kelima, memiliki Fathona atau kecerdasan.

“Pemimpin itu harus memiliki pendidikan sebagai pengetahuan dalam mengatur masyarkat,” ungkapnya.

Sebagai umat beragama dan sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW, lanjut Lukman, umat Muslim dituntut selalu menerapkan sifat-sifat Nabi Besar Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, baik di lingkungan masyarakat maupun di lingkungan dunia kerja.

Mantan Bupati Konawe dua periode ini menambahkan, manusia yang sia-sia adalah manusia yang memiliki jabatan dan harta namun tidak dimanfaatkan dalam membantu sesama manusia, baik dalam pengambilan kebijakan maupun dalam penerapan prakteknya.

Selain itu, manusia juga harus selalu menjaga hubungan antar manusia atau silaturahim.

“Sebagai pemimpin, kita dituntut menerapkan sifat Ikhlas. Ikhlas mengabdikan diri untuk membangun daerah, bangsa, dan negara,” tambah Lukman.

Diakhir acara, Wagub Sultra Lukman Abunawas menyerahkan bantuan kepada Pengurus DMI Kabupaten Kolaka Utara, yakni Alquran untuk 33 masjid yang diserahkan secara simbolis kepada Ketua DMI Kabupaten Kolut Dr. Taufiq S yang juga Sekda Kolut. (Adv)

Facebook Comments