Kominfo Baubau Siapkan Lima Titik Wifi Gratis

Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau La Ode Darussalam.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyediakan layanan internet gratis berupa pemasangan wireless fidelity (wifi) pada lima titik dalam wilayah Kota Baubau.

Pemasangan wifi gratis tersebut karena sebagian besar aktivitas masyarakat Kota Baubau menggunakan sistem online atau jarak jauh yang membutuhkan sambungan internet.

Kepala Dinas Kominfo Kota Baubau La Ode Darussalam mengaku, saat ini sudah terpasang lima titik di kawasan ruang publik, meliputi Puja Serata Stadion Betoambari, Kawasan Benteng Wolio sekitar Kasulana Tombi, Kotamara area Ngalu-ngalu, Pantai Kamali dan Taman Segitiga. Adapun ID yang disiapkan adalah Melayani Tanpa Sekat.

“Panduannya jika Wifi diaktifkan di HP-nya dan muncul jaringan Wifi Melayani Tanpa Sekat maka langsung klik dan tekan lanjutkan,” jelas Darussalam saat ditemui di kantornya, Senin 13 Maret 2023.

Selain pemasangan Wifi gratis, Dinas Kominfo juga ditugaskan oleh Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse untuk menangani gangguan sinyal komunikasi (Blank Spot) di dua kecamatan yakni Kecamatan Bungi dan Kecamatan Lea-lea.

Fokus penanganan Blank Spot di dua kecamatan tersebut berada di Kelurahan Tampuna dan Kelurahan Palabusa. Dinas Kominfo Kota Baubau telah menangani masalah Blank Spot tersebut sejak tiga hari lalu.

“Jadi kita pasang penguat signal karena signal di lokasi tersebut sangat lemah sedangkan kebutuhan terhadap layanan internet cukup tinggi, salah satunya terdapat SD Penggerak yang membutuhkan jaringan internet yang cukup tinggi,” ujarnya.

Darussalam berharap, penanganan Blank Spot ini dapat membantu kebutuhan belajar bagi anak-anak didik yang duduk di bangku sekolah, sekaligus memaksimalkan pelayanan masyarakat yang membutuhkan jaringan internet khususnya di kantor kelurahan.

“Alhamdulillah sejak kemarin akses internet untuk Kecamatan Bungi sudah dapat dimanfaatkan dengan baik. Termasuk wilayah Kecamatan Lea-lea yang difokuskan di Kelurahan Palabusa juga sudah tertangani,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments