Monianse Buka STQH XII tingkat Kota Baubau

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat membuka secara resmi penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur'an dan Hadist (STQH) XII tingkat Kota Baubau di Kotamara, Rabu 15 Maret 2023. (Foto: Kominfo Baubau).
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse secara resmi membuka penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) XII tingkat Kota Baubau di Kotamara, Rabu 15 Maret 2023. STQH ini berlangsung selama empat hari yakni 15-18 Maret 2023.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, sebagai pimpinan daerah juga selaku ketua LPTQ merasa bangga dan berbahagia dengan penyelenggaraan STQH tahun ini yang dilaksanakan secara sederhana namun dikemas secara apik sehingga tampak lebih meriah.

-Advertisement-

“Kegiatan diawali dengan defile kafilah, semua kecamatan tampil dengan penuh keyakinan bahwa merekalah yang bakal menjadi juara. Bahkan, bukan hanya kafilah kecamatan, kelompok ibu-ibu yang tampil dengan ciri khas organisasinya juga ikut menyemarakan kegiatan defile. Untuk itu, diharapkan STQH dijadikan budaya dalam menggelorakan syiar islam,” tutur Monianse dalam sambutannya.

Kata dia, dalam STQH ini akan tampil qari qariah, hafidz hafizah dan muhadits muhaditsah terbaik dari seluruh kecamatan mengeluarkan segala potensi yang dimiliki untuk berkompetisi, berlomba meraih prestasi.

Kepada kafilah yang sebelumnya menjadi juara umum, harap Monianse, untuk mempertahankan prestasinya, buatlah kafilah tersebut terlalu tangguh untuk ditaklukan. Sementara itu kepada kafilah yang lain diharapkan untuk bisa berprestasi, hilangkan dominasi kafilah tertentu sebagai juara umum.

“Ciptakanlah kegiatan ini menjadi lebih berwarna, karena tidak adanya dominasi juara umum. Namun lebih dari itu ada hal penting yang patut dipahami oleh kita semua bahwa prestasi bukanlah tujuan akhir dari STQH tetapi STQH adalah syiar agama dan edukasi umat agar menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup dan semakin dicintai,” katanya.

Orang nomor satu di Kota Baubau ini menambahkan, kecintaan terhadap Al Qur’an akan tampak ketika hati merasa damai saat membacanya atau merasa tenteram ketika mendengarkan lantunan ayat-ayat sucinya. Rasa cinta itulah yang menggiring perilaku menjauh dari penyimpangan terhadap agama.

Tak lupa, Monianse berterima kasih kepada Kepala Kementerian Agama Kota Baubau, yang meskipun belum lama menduduki jabatan sebagai Kepala Kementerian Agama Kota Baubau tetapi telah mampu mengajak seluruh jajarannya untuk bersama-sama menggemakan syiar STQH XII tahun ini.

“Ucapan terima kasih pula kepada ketua Baznas Kota Baubau yang telah berpartisipasi secara langsung memberikan dukungan khususnya pada pelaksanaan devile kafilah STQH XII tingkat Kota Baubau. Selain itu kepada Camat dan KUA serta ketua kafilah yang telah memberikan dukungan langsung dengan menyiapkan dan memfasilitasi para peserta lomba,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Monianse meminta dewan hakim untuk bekerja dengan penuh tanggungjawab. Dewan hakim diminta untuk memilih yang layak dipilih mewakili Kota Baubau pada STQH tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara di Kendari pada bulan Mei mendatang.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments