Wali Kota Baubau Sampaikan LKPJ 2022 ke DPRD

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat menyerahkan LKPJ tahun 2022 yang diterima langsung Ketua DPRD Kota Baubau H Zahari saat rapat paripurna di Gedung DPRD Baubau, Senin 27 Maret 2023.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2022 pada rapat paripurna di Gedung DPRD Kota Baubau, Senin 27 Maret 2023.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, penyampaian LKPJ ini sebagai amanat konstitusi bahwa kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada DPRD dalam rapat paripurna, yang dilakukan satu kali dalam satu tahun dan paling lambat tiga bulan setelah tahun anggaran berakhir.

-Advertisement-

“Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan terimakasih dan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya terkhusus kepada pimpinan dan anggota DPRD Baubau, terutama atas dukungan, harmonisasi dan kerjasamanya sehingga sinergitas antara pihak legislatif dan eksekutif berjalan dengan baik,” tutur Monianse.

Kata dia, LKPJ Wali Kota Baubau tahun 2022 yang disampaikan pada rapat paripurna DPRD saat ini, memuat tentang kebijakan umum pemerintahan daerah, pengelolaan keuangan daerah, dan penyelenggaraan urusan desentralisasi, tugas pembantuan serta hasil-hasil yang telah dicapai selama tahun 2022.

“Tujuan penyusunan LKPJ tahun 2022 adalah menyampaikan perkembangan mengenai penyelenggaraan pemerintahan daerah (Pemda) yang disajikan dalam bentuk laporan kinerja pembangunan Kota Baubau selama tahun 2022,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Baubau Yaya Wirayahman mengatakan, Dewan sudah membentuk Pansus untuk pembahasan LKPJ Wali Kota tahun 2022.

“Nanti Pansus akan membahas bersama pemerintah, setelah itu akan ada rekomendasi dari Pansus ke pemerintah daerah terkait LKPJ Wali Kota tersebut. Targetnya seminggu selesai,” ujarnya.

Yaya menambahkan, rekomendasi dari Pansus itu nanti akan dibacakan dan diserahkan kepada pemerintah daerah (Pemda) melalui forum rapat paripurna DPRD.

“Rekomendasi dari Pansus tersebut berisi saran dan masukan untuk perbaikan kedepan agar pemerintahan berjalan dengan baik,” tandas Yaya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments