H Subhan Sebut Kande-Kandea di Tolandona Ajang Silaturahmi Masyarakat Buteng

Ketua DPRD Kota Kendari, H Subhan saat menghadiri festival Kande-Kandea di Tolandona Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sabtu 29 April 2023. (Foto: Istimewa).
Bacakan

Labungkari, Inilahsultra.com– Ketua DPRD Kota Kendari, H Subhan rupanya turut hadir dalam festival Kande-Kandea di Tolandona Kabupaten Buton Tengah (Buteng) pada Sabtu 29 April 2023 lalu.

Festival Kande-Kandea yang telah digelar sejak tahun 1597 ini berlangsung di lapangan Lamedadi, Kelurahan Tolandona, Kecamatan Sangia Wambulu.

-Advertisement-

Festival Kande-Kandea turut dihadiri pihak Kemenparekraf yakni Staf Ahli Menparekraf Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi R Kurleni Ukar, Kadis Pariwisata Sultra Belli Tombili yang mewakili Gubernur, Forkopimda Buteng, OPD lingkup Pemkab Buteng, tokoh masyarakat serta masyarakat Buteng.

Ketua DPRD Kota Kendari, H Subhan yang juga putra daerah Buteng ini menuturkan, Festival Kande-Kandea ini merupakan warisan leluhur yang selalu dilaksanakan setiap tahun tepatnya seminggu setelah hari raya Idulfitri.

“Festival ini merupakan ajang silahturahmi antara masyarakat Buteng karena masih dalam suasana lebaran dengan tetap melestarikan budaya daerah,” tuturnya.

Politisi PKS ini menambahkan, sebagai putra daerah sudah seharusnya menjaga dan melestarikan budaya leluhur.

Untuk diketahui, tradisi Kande-Kandea di Tolandona ini pertama kali diperkenalkan sekitar tahun 1597 pada masa kepemimpinan Sultan Buton ke-IV, Dayanu Ihksanuddin dan Imam Masjid Agung Keraton, Sangia Yi Wambulu.

Tradisi ini juga untuk menyambut dan merayakan kemenangan para kesatria yang bertugas menjaga keutuhan wilayah Kesultanan Buton.

Para kesatria tersebut mendapat pelayanan khusus dari kesultanan berupa makan dengan cara unik, yang dinamakan kande tompa ala kesatria Buton yaitu dengan disuapi oleh para putri Keraton.

Kande-kandea ini kini masuk dalam 110 Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tahun 2023.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments