Konsumsi Meningkat, Pelaku Usaha Harus Terapkan Standar Kesehatan

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat memberikan sambutan sekaligus membuka sosialisasi Sertifikat Laik Higiene Sehat (SLHS) di Hotel Mira, Senin 22 Mei 2023.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PM-PTSP) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) implementasi perizinan berusaha berbasis resiko berupa sosialisasi izin Sertifikat Laik Higiene Sehat (SLHS), Senin 22 Mei 2023.

Kegiatan yang dipusatkan di Hotel Mira Kota Baubau ini diikuti 50 pelaku usaha yang tersebar dalam wilayah Kota Baubau.

-Advertisement-

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse dalam sambutannya menuturkan, SLHS bukanlah hal yang baru didengar. Hal ini sudah menjadi kewajiban pelaku usaha penyedia makanan dan minuman yang harus dimiliki karena dijadikan salah satu sertifikat standar untuk memenuhi perizinan berusaha berbasis risiko.

“Pelaku usaha dapat memiliki SLHS dengan cara memenuhi standar baku mutu kesehatan lingkungan, persyaratan Kesehatan, dan ketenagaan pangan olahan siap saji,” tuturnya.

Monianse mengakui, di Kota Baubau pola konsumsi masyarakat semakin hari semakin meningkat terutama konsumsi pangan. Hal tersebut terbukti dengan perkembangan pesat tempat-tempat penjualan makanan, usaha catering, dan juga depot-depot air minum yang hari ini ditemui hampir diseluruh sudut kota.

Kata dia, pola konsumsi masyarakat tentu saja merupakan pendorong utama peningkatan produksi pangan di Kota Baubau. Hal tersebut menandakan bahwa kepercayaan masyarakat akan kualitas produk pangan di kota ini sudah masuk pada kategori aman, baik dari segi kualitas, maupun kehigienisannya.

“Mari kita bersama-sama menjaga kepercayaan masyarakat akan produk pangan yang beredar di kota kita tercinta ini. Salah satu cara yang dapat kita lakukan yaitu memenuhi standar kesehatan yang diimplementasikan oleh setiap pelaku usaha produk pangan harus menjalankan usahanya dengan mengantongi SLHS,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments