Hadirkan Kemendagri, Pemprov Gelar Bimtek Keprotokolan se Sultra

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan se-Sultra di Plaza Inn Kendari, Kamis 25 Mei 2023. (Foto: Istimewa)
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan se-Sultra yang dihadiri Kabag Protokol Provinsi, Kabag Protokol Kab/Kota se-Sultra dan para perwakilan dari OPD Sultra.

Berdasarkan rilis dari PPID Utama Sultra, Bimtek yang menghadirkan narasumber dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dengan tema ‘Terciptanya Keprotokolan yang Profesional’ tersebut digelar di Plaza Inn Kendari, Kamis 26 Mei 2023.

Asisten III Setda Sultra Sukanto Toding menuturkan, keberadaan Keprotokolan telah diatur dalam UU RI Nomor 9 Tahun 2010 tentang keprotokolan. Sehingga dalam upaya penyesuaian terhadap dinamika yang tumbuh dan berkembang dalam sistem ketatanegaraan, budaya, dan tradisi bangsa yang dipandang perlu suatu pengaturan keprotokolan secara menyeluruh.

Untuk pelaksanaan UU tersebut, lanjut dia, telah diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 39 Tahun 2018 dan PP Nomor 56 Tahun 2019 yang meliputi tata tempat, tata upacara, dan tata kehormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan atau kedudukan dalam negara.

“Hal ini, menjadi dasar seorang protokol melaksanakan tugas keprotokolan. Manfaatnya, menyamakan persepsi, menegakkan aturan yang berlaku, agar kegiatan berjalan dengan tertib, khidmat, rapi, lancar, teratur dalam memperhatikan ketentuan atau kebiasaan yang berlaku secara nasional maupun internasional,” tutur Sukanto dalam sambutannya.

Oleh karna itu, tambah dia, Bimtek Keprotokolan hari ini diharapkan dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan wawasan dan kemampuan peserta di bidang keprotokolan untuk menciptakan kesamaan visi dan pola pikir tentang berbagai hal yang terkait dengan keprotokolan, sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku.

“Saya yakin dan percaya bahwa saudara-saudara akan mampu menerima, mengkoordinasikan dan melaksanakan penguasaan keprotokolan kepada penerima pelayanan keprotokolan, baik pejabat negara, pejabat pemerintah maupun tokoh masyarakat tertentu,” katanya.

Sementara itu, ketua panitia Bahtari melaporkan, ada 100 peserta yang mengikuti Bimtek Keprotokolan ini. Mulai dari Protokol Provinsi, Protokol Kabupaten/Kota, Protokol Instansi Vertikal dan Instansi terkait.

“Diharapkan peserta tenaga Protokol dapat memahami tata cara keprotokolan yang baik dan benar, dalam menentukan langkah yang tepat dan mengurangi kesalahan yang harus di lakukan di masa yang akan datang serta tetap menjaga hubungan dan koordinasi yang baik serta terciptanya tenaga Protokoler yang handal dan profesional, baik di Provinsi maupun di kabupaten/kota se-Sultra guna menyukseskan setiap kegiatan keprotokolan,” ujar Kabag Protokol Sultra ini.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments