Stabilkan Harga Bahan Pokok, Pemda Butur Gelar Pasar Murah

Pemda Butur menggelar Pasar Murah di Lapangan Rajajin Kecamatan Kulisusu, Senin 26 Juni 2023. (Foto: Kru Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Butur)
Bacakan

Buranga, Inilahsultra.com – Untuk menciptakan stabilisas pasokan dan harga pangan di tengah masyarakat, Badan Pangan Nasional (Bapanas) bekerja sama dengan Pemerintah Daerah meluncurkan program Gerakan Pangan Murah (GPM) serentak, Senin 26 Juni 2023.

GPM serentak di seluruh Indonesia itu terdapat 342 titik atau lokasi pelaksanaan yang tersebar pada 301 kabupaten/kota di seluruh indonesia. Salah satunya adalah Kabupaten Buton Utara (Butur). Para peserta atau daerah yang ikut melaksanakan program GPM serentak itu termonitor langsung secara daring oleh BPN melalui aplikasi zoom meeting.

-Advertisement-

Kabupaten Butur menggelar kegiatan tersebut dalam bentuk pasar murah yang dilaksanakan di Kecamatan Kulisusu sebagai salah satu wilayah yang menjadi pusat kegiatan sosial, ekonomi, dan pusat kegiatan pemerintahan.

Bupati Buton Utara Dr H. Muh. Ridwan Zakariah dalam sambutan  yang disampaikan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sahrun Akri saat membuka kegiatan pasar murah di Lapangan Rajajin Kulisusu mengatakan, meskipun GPM ini sifatnya temporer atau sementara, namun diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, terlebih lagi dalam upaya pengendalian harga di pasar.

Dia menambahkan, tujuan utama program GPM adalah dalam rangka pengendalian harga pangan strategis menjelang hari besar keagamaan nasional Iduladha yang jatuh pada 29 Juni 2023.

Pasar murah di Kabupaten Butur kali ini menyediakan komoditas bahan pangan pokok dengan harga terjangkau bekerja sama dengan Perum Bulog dan distributor bahan pangan.

Adapun bahan pokok yang disediakan antara lain beras sebanyak 2 ton. Beras medium kemasan 5 kilogram dijual dengan harga Rp 9000, telur dengan harga Rp 56.000/rak, bawang merah dengan harga Rp 36.000 perkilogram, bawang putih dengan harga Rp 36.000 perkilogram, gula pasir Rp 13.000 perliter dan minyak goreng buatan lokal minyak dalam kemasan 2 liter dengan harga jual Rp 28.000.

Gelar zoom meeting yang dilanjutkan pasar murah itu diikuti dan disaksikan oleh unsur Forkopimda, Wakapolres Butur Kompol Dedi Hartoyo, Staf Ahli Bupati Butur Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Muliana, Plt Kepala Badan Ketahanan Pangan Hasanun, Kepala Dinas Perdagangan Tasir, Kepala Badan Keuangan Harmin Hari, Kepala Kantor BPN Minarni Baitu, serta sejumlah Pimpinan OPD termasuk Kepala Gudang Bulog Buton Utara. (IS)

Facebook Comments