Sapi Kurban dari Presiden untuk Sultra Akan Disembelih di Kabupaten Buton

Truk yang mengangkut sapi kurban dari Presiden RI dan Gubernur Sultra, Selasa 27 Juni 2023. (Foto: Istimewa)
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra kembali menerima sapi kurban dari Presiden RI Joko Widodo dalam hari raya Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

Serah terima sapi kurban tersebut diikuti langsung Asisten II Setda Sultra Yuni Nurmalawati secara virtual dalam rapat koordinasi dengan Sekretariat Presiden di Ruang Rapat VIP Bupati Buton, Selasa 27 Juni 2023.

-Advertisement-

Turut hadir, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra, Kadis Ketapang, Kadis Kominfo Sultra diwakili Kabid Persandian, Sekda Buton, Asisten I Setda Buton, Kadis Kominfo Buton, Sekdis Pertanian Buton.

Kepala Distanak Sultra, La Ode Muh Rusdin Jaya menuturkan, satu ekor sapi sumbangan Presiden RI Joko Widodo tersebut berjenis kelamin jantan dan beratnya kurang lebih satu ton yang dibeli seharga Rp100 Juta.

Sedangkan Gubernur Sultra Ali Mazi akan kurban satu ekor Sapi dengan bobot 300 kg, berusia 3 Tahun dengan harga Rp35 Juta berasal dari Konawe Selatan (Konsel), Kecamatan Konda Sultra.

“Rencana pemotongan sapi dari Presiden dan Gubernur akan dilaksanakan di Masjid Nurul Huda Desa Banabungi Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton,” tuturnya.

Kata dia, saat ini pihaknya sudah memeriksa kesehatan hewan yang akan disembelih mulai dari kasus penyakit mulut dan kuku (PMK). Dimana PMK tersebut dapat menyerang hewan kurban, seperti sapi atau kambing.

“Sapi bantuan Presiden RI tahun ini, masih sama dengan tahun lalu. Alhamdulilah, sapinya sehat, karena itu adalah sapi pilihan yang sudah dipilih oleh tim kepresidenan,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments