18 Peserta Uji Kompetensi Wartawan di Baubau Dinyatakan Berkompeten

Peserta UKW jenjang utama di Kota Baubau bersama penguji, Refa Riana (Tengah).
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Sebanyak 18 wartawan yang mengikuti uji kompetensi di Kota Baubau dinyatakan berkompeten. Hasil itu diraih setelah 18 wartawan tersebut mengikuti ujian selama dua hari, tepatnya 14-15 Agustus 2023, di Hotel Galaxy Inn.

Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tersebut diprakarsai PWI Baubau bekerjasama dengan PWI Sultra serta PWI Pusat.

Hasil uji kompetensi ini diumumkan langsung perwakilan salah seorang penguji yakni Merson Simbolon (penguji jenjang madya).

“Semua peserta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Baubau lulus 100 persen alias dinyatakan berkompeten. Mari kita patuh terhadap kode etik jurnalistik,” katanya.

Sementara itu, penguji jenjang utama Refa Riana dalam sambutannya memberi selamat kepada 18 wartawan yang baru saja dinyatakan kompeten.

“Semoga rekan-rekan sekalian mendapatkan pengalaman baru, pengetahuan baru setelah mengikuti uji kompetensi ini,” tuturnya.

Refa meyakini, sedikit banyak ada tambahan pengetahuan bagi 18 wartawan tersebut setelah mengikuti UKW.

Refa berpesan predikat kompeten yang disandang harus bisa meningkatkan kerja kewartawanan di masa yang akan datang.

“Jadi kami minta semua wartawan di Baubau ini menunjukkan keseriusan untuk menjadi wartawan yang betul-betul kompeten dalam melakukan kerja-kerjanya,” pesannya.

Ketua PWI Sultra Sarjono mengakui, dengan kompeten 100 persen tersebut, secara organisasi ini adalah satu tantangan dan 18 orang wartawan yang dinyatakan kompeten ini harus dibuktikan dalam bentuk kinerja.

Jujur, sambung dia, para peserta UKW bertemu dengan penguji yang rendah hati, sederhana dan bijaksana.

“Kita semua menyampaikan terima kasih kepada para penguji, bukan karena semata-mata dinyatakan kompeten tapi karena kerendahan hati mereka yang berbagi ilmu dengan kita,” tandas Sarjono.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments