Agustus 2023, Intensitas Kebakaran Lahan di Baubau Meningkat

Kepala Seksi Pengendalian Operasi dan Komunikasi Dinas Damkar Kota Baubau, Jahrin.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Intensitas kebakaran lahan yang terjadi di Kota Baubau pada bulan Agustus 2023 ini mengalami peningkatan. Catatan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Baubau, kebakaran sudah terjadi sebanyak 16 kali.

Kepala Seksi Pengendalian Operasi dan Komunikasi Dinas Damkar Kota Baubau, Jahrin menuturkan, kebakaran lahan pada Agustus ini sangat tidak diduga. Disisi lain, kebakaran tersebut bertepatan dengan musim kemarau.

“Karena kemarau, jadi rata-rata lahan ini kering dan asumsinya ada warga yang ingin pangkas (membersihkan) lahannya dengan cara bakar dan ketika apinya mulai membesar mereka takut sehingga menghubungi Dinas Damkar atau bisa saja orang lewat dan tidak sengaja membuang puntung rokok di lahan tersebut,” tutur Jahrin saat ditemui di Mako Damkar Kota Baubau, Senin 28 Agustus 2023.

Kebakaran lahan kembali terjadi pada hari ini (Senin 28 Agustus) di Batu Maali Kelurahan Baadia. Jahrin berharap, tidak ada lagi kejadian kebakaran dalam wilayah Kota Baubau baik itu lahan ataupun bangunan.

“Ini lahan kosong, entah yang punya ini dia mau jadikan kebun dan kadang lahan yang terbakar itu biasanya kita tidak tahu siapa pemiliknya, kita hanya mendapat laporan kemudian kita menuju TKP dan mengeksekusi api,” ujarnya.

Jahrin mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membersihkan lahan tidak dengan cara membakar. Masih banyak cara selain dengan dibakar karena resikonya fatal.

“Saya minta juga kepada masyarakat agar jangan meremehkan imbauan dari Damkar. Kami (Dinas Damkar) selalu siap 24 jam, silahkan hubungi nomor ini 08114001113 untuk melaporkan kejadian,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments