Sinkronisasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, Pemkot Baubau Kumpul Instansi Vertikal

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat memberikan sambutan dalam rapat koordinasi dan sinkronisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah bersama instansi vertikal di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Kamis 21 September 2023.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com– Pemerintah Kota (Pemkot) menggelar sinkronisasi penyelenggaraan pemerintahan daerah bersama instansi vertikal se Kota Baubau. Giat tersebut berlangsung di Aula Palagimata Kantor Wali Kota Baubau, Kamis 21 September 2023.

Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse menuturkan, pembangunan daerah tidak akan mungkin hanya dapat dilakukan oleh pemerintah daerah. Tentu perlu adanya integrasi, sinkronisasi dan sinergi dari semua komponen stakeholder yang ada di Kota Baubau, baik itu instansi vertikal, swasta serta masyarakat.

-Advertisement-

“Pemerintah adalah perencana yang mensinkronkan, mensinergikan, dan mengintegrasikan fungsi antar daerah, antar warga atau antar fungsi bersama instansi vertikal, sehingga semua komponen dapat saling mengisi peran di dalam perencanaan,” tutur Monianse dalam sambutannya.

Kata dia, koordinasi dan sinkronisasi yang sudah terjalin selama ini diharapkan tidak pernah berubah karena perbedaan pemimpin, baik itu pemimpin daerah maupun pemimpin dari instansi vertikal itu sendiri.

“Kita sudah punya komitmen yang sama untuk membangun negeri, sehingga siapapun dia dan dari manapun asalnya, hendaknya mengacu kepada rencana besar yang disepakati itu, kita tidak boleh mendengar kata-kata perbedaan,” ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Kota Baubau La Ode Aswad mengatakan, rapat seperti ini idealnya dilaksanakan minimal dua kali setahun untuk mendengarkan saran mereka, harapan mereka dalam rangka mendukung program pembangunan Kota Baubau.

“Alhamdulillah, selama ini terjalin koordinasi yang intens antara Pemkot dengan instansi vertikal di Kota Baubau,” katanya.

Mantan Kepala Bappeda Kota Baubau ini menambahkan, yang penting juga dalam rapat koordinasi dan sinkronisasi tersebut adalah tindak lanjut dari permasalahan dari masing-masing instansi vertikal.

“Seperti kebutuhan lahan untuk gedung kantor atau semacamnya, sejauh ini pemerintah sudah banyak dan tetap menyiapkan sesuai dengan peruntukannya,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments