HPN 2024 Dalam Kacamata PWI Sultra

Ketua PWI Sultra, Sarjono.
Bacakan

Jakarta, Inilahsultra.com – Hari Pers Nasional (HPN) ke-39 pada tahun 2024 ini menjadi momentum seluruh awak media di tanah air dalam merayakan dengan penuh keharmonisan sekaligus ajang silaturrahmi antar pengurus PWI se-Indonesia.

Peringatan HPN 2024 kali ini dilangsungkan di Candi Bentar, Putri Duyung Cottage Ancol, Jakarta Utara sejak 17 Februari dan puncaknya 20 Februari 2024.

-Advertisement-

Dalam kacamata PWI Sulawesi Tenggara (Sultra) memaknai hari pers ini memiliki arti yang penting karena diwaktu bersamaan juga berlangsung Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, DPD RI serta legislatif hingga Pilkada serentak.

“Pers patut menjaga keutuhan bangsa, HPN 2024 dan memiliki arti penting karena dalam suasana transisi kepemimpinan bangsa yang ditandai dengan Pilpres 14 Februari dan Pilkada 27 November 2024,” kata Ketua PWI Sultra Sarjono, Senin 19 Februari 2024.

Pria asal Kabupaten Buton Utara ini mengungkapkan, HPN ini bukanlah sebatas diperingati dalam konteks seremoni belaka, tetapi turut memberi kontribusi besar kepada bangsa dan negara ini karena dari rangkaian kegiatan HPN juga melahirkan solusi melalui konsep yang ditetapkan.

“Melalui momen ini juga, rangkaian HPN  menelorkan konsep-konsep logis yang selaras dengan Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga (PDPRT) sebagai pedoman kalangan wartawan anggota PWI ,” terangnya.

Senada dengan Ketua Dewan Kehormatan Daerah (DKD) PWI Sultra Dr Rudy Iskandar mengatakan, makna yang terkandung pada HPN 2024 bagi PWI Sultra adalah peningkatan kapasitas serta tetap menjaga etika moral dalam agenda Pemilu yang sedang berlangsung.

“Hal ini dimaksudkan guna mewujudkan wartawan yang profesional serta berintegritas,” ungkapnya.

Disamping itu, profesionalitas dan integritas merupakan dua pilar penting untuk menopang Pers sebagai pilar ke 4 empat demokrasi.

“Inilah urgensinya di masa Pemilu sekarang ini dimana Pers berupaya memujudkan demokrasi yang berkualitas,” jelas Rudy yang kesehariannya juga bekerja sebagai pengajar di salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Kendari, Sultra.

Momentum HPN 2024 mengangkat tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Keutuhan Bangsa”.

Puncak peringatan HPN 20 Februari 2024 diagendakan dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju serta para kepala daerah di seluruh tanah air. (Din)

Facebook Comments