Bappeda Buteng Gelar Bimtek Penyusunan Renstra

Bacakan

Bimtek Penyusunan Rancangan Renstra Pemkab Buteng, Kamis, 28 September 2017.


Labungkari, Inilahsultra.com – Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Buton Tengah (Buteng) menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Penyusunan Rancangan Awal Rencana Strategis (Renstra) Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Lingkup Pemkab Buteng di salah satu hotel di Kota Baubau, Kamis, 28 September 2017.

Kepala Bappeda Buteng L Syamsuddin Pamone ST MT mengatakan, penyusunan Renstra tersebut merupakan langkah awal setiap SKPD untuk menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) yang akan disesuaikan dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Buteng sebagai dasar program kegiatan Bupati 2018.

“Ini merupakan dasar bagi seluruh SKPD dalam menyusun dokumen perencanaan pembangunan tahun 2018.  Setiap SKPD menyusun program prioritasnya ditahun pertama agar bupati bisa melaksanakan kegiatan pembangunan tersebut,” tuturnya.

Dalam penyusunannya RPJMD, lanjut dia, punya korelasi dengan RPJMN. Sehingga dalam penyusunannya RPJMD harus disesuaikan juga program jangka menegah provinsi.

“Ini masih akan dievaluasi nanti pihak provinsi yang menilai dimana kesesuainnya agar pembangunan setiap tingkatan mempunyai efisiensi,” pungkasnya.

Perencanaan Madya Bapenas Supriadi mengatakan, pihaknya selaku Bapenas bertugas mengawasi sekaligus membimbing program jangka menegah daerah agar singkron dengan program pemerintah pusat.

“Berdasarkan pengalaman dari beberapa daerah banyak penyusunan dokumen yang tidak sempurna utamanya buat indikator kinerja, target yang terukur belum lagi keterkaitan antar dokumen RPJMD dan RPJMN kita hanya menujukan yang mana yang tidak boleh,” ucapnya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan tersebut pihaknya bisa langsung bersama dengan setiap SKPD untuk memberikan gambaran dalam penyusunan rancangan jangka menengah.

“Kita duduk bersama dengan SKPD. Tugas kita menunjukan saja namun dalam penyusunan RPJMD ini harus sesuai dengan visi misi bupati,” urainya.

Reporter: Ari
Editor: Din

Facebook Comments