Pemerintah Tetapkan Tarif Tertinggi Tiket Pesawat Lebaran, Rudi : Melanggar Laporkan !

1423
Kepala Bandara Haluoleo Kendari Rudi Richardo.

Kendari, Inilahsultra.com – Musim lebaran aktifitas penerbangan di terminal udara dipastikan sibuk. Peningkatan arus mobilisasi penumpang di hari raya umat muslim ini lumrah diikuti kenaikan harga tiket pesawat.

Bagi yang memesan tiket jauh hari, bisa beruntung mendapatkan harga miring alias promo. Jika tidak, siap-siap merogoh kocek dalam dalam-dalam. Harga bakal melambung jika pemesanan dilakukan jelang momen Idul Fitri.

- Advertisement -

Namun tahukah Anda jika pemerintah sejatinya telah menetapkan batas maksimum tarif tiket pesawat udara mengantisipasi permainan harga oleh perusahaan penerbangan. Masyarakat pun bisa mengajukan protes jika ada maskapai yang mematok harga tinggi saat musim lebaran.

Hal ini sejalan dengan informasi disampaikan Kepala Bandara Haluoleo Kendari Rudi Richardo, pada Inilahsultra.com, Sabtu 9 Juni 2018. Kata dia, baru-baru ini terbit instruksi dari Kantor Pusat Ditjen Perhubungan Udara terkait rambu-rambu tarif angkutan udara.

Regulasi Menteri Perhubungan Nomor PM Tahun 216, Airline tidak diperkenankan menjual tarif pesawat mudik dan balik lebaran melebihi tarif batas atas yang sudah ditetapkan.

“Airline yang terbukti nakal akan kami laporkan ke Kantor Otoritas Bandara Wil. V Makassar serta ke Kantor Pusat Ditjen Perhubungan Udara untuk Pengenaan sanksi,” tegas Rudi.

Sanksi yang dikenakan dapat berupa peringatan, pengurangan frekuensi penerbangan, penundaan pemberian izin rute, denda administratif, hingga pembekuan rute penerbangan.

“Kami mengimbau masyarakat untuk berperan serta mengawasi proses jual beli tiket pesawat tersebut. Laporkan pada kami di Posko Bandara Halu Oleo Kendari, jika ada pelanggaran. Dengan demikian, baik penumpang maupun airline tidak ada yang dirugikan bahkan saling menguntungkan,” sambung Rudi.

Dalam kondisi normal, jelas Rudi, telah ditetapkan bahwa airline wajib menetapkan tarif normal serendah-rendahnya 40 persen dari tarif batas atas sesuai kelompok pelayanan yang diberikan. Adapun tarif normal adalah tarif jarak terendah sampai dengan tarif jarak tertinggi.

Penetapan tarif normal serendah-rendahnya 40 persen dari tarif batas atas tersebut bukan berarti menghapuskan tarif murah atau tarif rendah yang selama ini diberikan oleh airline. Melainkan berdasarkan penghitungan dengan perhitungan harga avtur, pelumas, komponen & biaya perawatan yang semuanya dibayar dengan mata uang dollar Amerika, sehingga semuanya transparan dan tidak terkesan ada unsur penipuan.

“Dalam hal pengenaan tarif dalam kondisi normal dipatuhi, maka dalam kondisi mudik lembaran serta liburan nasional harga tiket tidak terlalu terasa signifikan kendalanya,” tuturnya lagi.

Adapun Perhitungan dan Penetapan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penumpang Pelayanan Kelas Ekonomi diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan No PM 14/2016 dapat dilihat pada tabel berikut :

Reporter : Siti Marlina

Editor      : Aso

 

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...