Disparbud Butur Bentuk Forum Antar Pelaku Pariwisata dan Budaya

Bupati Butur Abu Hasan foto bersama usai kwgiatan seminar forum kepariwisataan, Selasa, 3 Juli 2018.
Bacakan

Buranga, Inilahsultra.com, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Buton Utara (Butur) menggelar seminar pembentukan forum komunikasi antar pelaku industri pariwisata dan kebudayaan di daerah tersebut. Giat itu digelar di salah satu hotel di Kulisusu, Selasa, 3 Juli 2018.

Seminar pembentukan forum tersebut dibuka dengan resmi oleh Bupati Butur Abu Hasan, dan dihadiri Setda Butur Muhammad Yasin, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amaluddin Mohkram, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Harlin Hari, pemateri dari provinsi, dan sejumlah peserta pelaku usaha pariwisata dan wirausaha.

-Advertisement-

Bupati Butur dalam sambutanya berharap, kegiatan ini tidak hanya seremonial tetapi untuk memberikan sebaik-baiknya tentang kepariwisataan.

“Saya tidak tau, apa hotel-hotel di Buton Utara suda memiliki organisasi, tapi ini semua harus kita penuhi dalam rangka membuat forum komunitas agar menjadi informasi dan komunikasi bagi stekholder terkait dengan pengembangan pariwisata,” katanya.

Bupati Butur Abu Hasan dalam sambutannya menyampaikan, Butur adalah daerah yang memiliki destinasi wisata yang cukup banyak. Destinasi itu tekan dia harus dijaga baik itu keasliannya atau kealamiannya.

“Situs itu tidak bisa berubah tempat, bentuknya, dan tidak bisa digeser. Begitu digeser bukan lagi situs tapi sudah buatan. Nah kalu sudah buatan siapa orang luar negeri yang mau datang,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Disparbud Harlin Hari mengungkapkan, tujuannya kegiatan seminar itu untuk memberikan pengetahuan tentang budaya dan kepariwisataan yang berkaitan dengan industri dan budaya pada para pelaku industri.

Selain itu, dengan adanya pembentukan forum ini bisa menjadi wadah koordinasi untuk meningkatkan pariwisata di Butur.

“Kami berharap kegiatan ini bisa melahirkan satu produk baru yang lagi gencar dipromosikan, khususnya di kepariwisataan Provinsi Sulawesi Tenggara. Kita juga berharap setelah kegiatan ini ada ouput yang dapat dihasilkan, paling tidak kita membuat persiapan satu desa wisata dan melahirkan salah satu program wisata di Buton Utara,” tuturnya.

Reporter : Armawan

Editor      : Aso

Facebook Comments