Tim SAR Evakuasi Lima Nelayan Kolaka yang Kapalnya Mati Mesin

Tim SAR saat mengevakuasi kapal nelayan yang mati mesin di Kolaka. (Foto Humas SAR)

Kendari, Inilahsultra.com – Tim Search And Rescue (SAR) Kolaka berhasil mengevakuasi lima nelayan yang kapalnya mengalami mati mesin.

Humas SAR Kendari Wahyudi mengaku, sekira pukul 05.50 WITA pihaknya menerima laporan dari Ari, kakak salah seorang korban bahwa sebuah longboat mengalami mati mesin dan patah as dengan penumpang lima orang di Perairan Kolaka.

“Berdasarkan laporan tersebut pada pukul 05.55 WITA, tim rescue Pos SAR Kolaka diberangkatkan menuju lokasi untuk memberikan bantuan SAR,” kata Wahyudi, Senin 30 Juli 2018.

Diketahui, longboat tersebut keluar memancing dari Kolaka menuju sekitar Perairan Pulau Lemo untuk memancing pada Minggu 29 Juli 2018 pukul 12.00 WITA.

Pada saat hendak kembali dari memancing subuh dini hari tadi, longboat yang ditumpangi mengalami mati mesin dan patah As.

Pada pukul 08.30 WITA, tim rescue berhasil menemukan longboat yang mati mesin tersebut pada koordinat 04 05’ 49.7”S – 121 29’ 35.6” kurang lebih 8 Nautical Mile dari Pelabuhan Kolaka dan selanjutnya dievakuasi menuju Pelabuhan Kolaka dalam keadaan selamat.

Selain SAR, unsur yg terlibat dalam pencarian itu adalah Kodim Kolaka, Pos TNI AL Kolaka, Polsek Kolaka dan Pol Air Kolaka

“Dengan ditemukannya keseluruhan korban dalam keadaan selamat, operasi SAR terhadap satu buah longboat dengan POB lima orang yang mengalami mati mesin dan patah as dinyatakan selesai dan ditutup,” tuturnya.

Data korban :

1. Tatar Hartama (Totok) /laki/40thn
2. Gitra (Cito) / laki/28thn
3. Eko Hardianto (Eko) /laki/37thn
4. Gunawan (Wawan) /laki/41thn
5. Roger (Regen) /laki/25thn

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Leave a Response