Pekande-Kandea AMAN, Pemkab Buton Siapkan 120 Talang

483
Pemkab Buton menyediakan 120 talang pada Pesta Rakyat AMAN, Sabtu 20 September 2018.

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton menyiapkan 120 talang pada pelaksanaan pesta rakyat kemenangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sultra Alimazi SH-Lukman Abunawas di Lapangan Eks MTQ Provinsi Sultra, Sabtu 22 September 2018.

Koordinator Pemkab Buton La Halimu mengatakan, sama seperti Pekande-kandea yang dilaksanakan saat Festival Budaya Tua Buton. Isi talang Pekande-kandea terdapat nasi dari beras pulut, Lapa-lapa, Ayam Nasu Wolio, Telur, Cucur, Wajik, Pisang Goreng, Ubi Goreng, Onde-onde, Palu, Bolu, dan Baruasa.

- Advertisement -

“Untuk persiapan kita tidak ada kendala sama sekali. Selain sudah jadi tradisi masyarakat, pemerintah daerah juga sering menyiapkan ini saat acara Festival Budaya Tua Buton tiap tahunnya,” terangnya.

Seperti biasa, penjaga talang Pekande-kandea adalah gadis belia dalam Bahasa Buton disebut Kabua-bua. Mereka akan melayani tamu yang makan.

Dia menambahkan, untuk talang yang disiapkan semua didatangkan dari Kabupaten Buton. Begitu juga dengan isinya dibuat langsung dari Buton dan Kendari oleh panitia yang ditunjuk.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Tari Kopau Sambut Rombongan Pj Gubernur Sultra

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here