Agista Berharap Bupati Buton Titip Anggaran Buat Dekranasda

299
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Agista Ariyani Ali Mazi melantik penggurus Dekranasda Kabupaten Buton masa bhakti 2017-2022. Pelantikan dilakukan di Aula Kantor Bupati Buton, Senin 12 November 2018.

Agista berharap, Bupati Buton La Bakry bisa memberikan anggaran untuk kegiatan Dekranasda. Anggaran itu bisa melekat pada instansi-instansi yang memiliki hubungan kerja dengan Dekranasda. Misalnya, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pariwisata serta beberapa dinas lainnya.

- Advertisement -

Bagi Agista, pelantikan pengurus bukan merupakan tujuan akhir organisasi. Pelantikan itu hanyalah langkah awal untuk diwujudkan dalam bentuk program.

Salah satu permasalahan yang dihadapi pengrajin saat ini, terang Agista, sulitnya mendapatkan bahan baku, desain, dan kuakitas relatif rendah. Termasuk akses ppasar produk kerajinan masih sulit dijangkau.

“Sehingga tugas dan tantangan ini yang kita hadapi bersama, untuk senantiasa memberikan pembinaan kepada para pengrajin serta mencari solusi terhadap permasalahan yang mereka hadapi,” ujar Agista.

Kabupaten Buton dikenal memiliki potensi kerajinan tenun dan anyaman cukup besar. Kerajinan itu telah menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat. Makanya, untuk mendukung program tersebut khususnya di sektor pariwisata adalah melalui program desa wisata yang fokus pada pengembangan kerajinan berbasis budaya lokal.

Agista berharap, Ketua dan Penggurus Dekranasda Kabupaten Buton yang baru dilantik segera menetapkan satu atau dua desa wisata berbasis kerajinan sebagai pilot projec untuk menjadi salah satu destinasi wisata.

“Nantinya dalam menyusun program kerja senantiasa memperhatikan potensi dan kondisi daerah, serta bersinergi dengan program dan kegiatan Dekranasda Sultra,” terangnya.

Mudah-mudahan, lanjut Agista, berbekal pengalaman dan kemampuan yang dimiliki, Ketua dan Pengurus Dekranasda Buton dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik dan amanah.

Bupati Buton La Bakry berharap, kehadiran Ketua Dekranasda Sultra bisa menaikan inspirasi bagi masyarakat Buton. Terkhusus penggurus Dekranasda yang baru saja dilantik.

“Sebab Dekranasda sebagai mitra pemerintah untuk mengembangkan industri kerajinan Usaha Kecil dan Menengah (UKM),” ungkap La Bakry dalam sambutannya.

Reporter: Waode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...