Penetapan APBD Mubar 2019 Tak Kuorum, Nasibnya Tergantung Gubernur

372
Rapat paripurna pengambilan keputusan atas APBD Mubar 2019 tak kuorum.
-Advertise-

Laworo, Inilahsultra.com – Rapat paripurna pengambilan keputusan rancangan peraturan daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Muna Barat 2019 tak kuorum.

Dari 17 anggota DPRD Mubar, hanya 12 yang ikut rapat paripurna. Sedangkan lima orang lainnya memilih tidak hadir.

-Advertise-

Anggota DPRD Kabupaten Mubar Ahmad Abas Karib mengatakan, rapat paripuna sempat diskorsing hingga tiga kali karena menunggu lima anggota legislatif yang tidak hadir.

Kelima wakil rakyat yang tak hadir adalah La Ode Koso, Munawir Dio, La Ode Amin, Purwanto dan Haji Ilyas.

Sedangkan 12 anggota dewan yang hadir adalah Cahwan, Uking Djassa, Supu Alimin, La Insafu, Mukiyar, La Kudja, Salim Satri, Made Wastawa, Al Jamail, Muh Akbar, Ahmad Abas Karip dan Nurdia Saangu.

Karena tidak kuorum, pimpinan dewan bersama seluruh wakil rakyat yang hadir tetap menandatangani berita acara APBD 2019 untuk selanjutnya dikonsultasikan ke Gubernur Sultra.

“Ada kesepakatan bersama antara anggota DPRD yang mengikuti rapat paripurna. Hasilnya itu kita konsultasikan di biro hukum provinsi,” kata Abas saat dihubungi, Selasa 27 November 2018.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Tata Tertib Dewan, pada Pasal 97 ayat 5 disebutkan, apabila dalam rapat paripurna pengambilan keputusan tak kuorum, maka tak dapat diambil keputusan dan penyelesaiannya diberikan kepada menteri dalam hal ini Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah.

Abas menyebut, rencananya penandatanganan berita acara itu akan dibawa malam ini, untuk kemudian di konsultasikan ke Biro Hukum Provinsi Sultra.

Hal senada disampaikan wakil rakyat lainnya, Supu Alimin.

“Sempat mulur berjam-jam, pimpinan rapat menskorsing tiga kali,” katanya.

Dalam rapat paripurna ini, unsur pemerintah dihadiri oleh Wakil Bupati Achmad Lamany, Sekda Mubar Husen Tali serta kepala SKPD dan camat.

Baca Juga :  Dituduh Kumpulkan KTP untuk Paslon, Kasat Pol PP Baubau Membantah

Total anggaran APBD 2019 yang rencananya akan ditetapkan sekitar Rp 876 miliar yang terdiri dari, Rp 672 miliar APBD lalu ditambah Rp 200 miliar untuk pinjaman ke pemerintah pusat.

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here