Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Mubar Bentuk Relawan Demokrasi

252

Laworo, Inilahsultra.com – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muna Barat (Mubar) akan membentuk relawan demokrasi (Relasi).

Relasi yang akan dibentuk ini adalah memberikan sosialisasi dan pendidikan pemilih kepada 10 basis pemilih.

- Advertisement -

Kordinator Divisi Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dan Partisipasi Masyarakat, KPU Mubar, La Ode Muh. Nuzul mengatakan, tujuan dibentuknya relawan demokrasi ini adalah meningkatkan kualitas proses pemilu, meningkatkan partisipasi pemilih dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi.

Selain itu, untuk membangkitkan lesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu demokrasi.

Sasaran pelaksanaan sosialisasi yang akan dilakukan oleh Relawan Demokrasi nantinya yaitu pelaksanaan sosialisasi dan pendidikan pemilih sesuai PKPU Nomor 10 Tahun 2018, Pasal 5 Ayat 1 Huruf a, yaitu meliputi 11 basis pemilih.

“Sasaran kita adalah basis keluarga, pemilih pemula, pemilih muda, pemilih perempuan dan penyandang disabilitas,” jelas Nuzul melalui pesan Whatsappnya, Kamis 10 Januari 2019.

Selain itu, lanjut Nuzul, basis lainnya adalah pemilih berkebutuhan khusus, kaum marginal, basis komunitas, basis keagamaan dan basis warganet.

“Sebenarnya ada 11 basis. Tapi karena basis relawan demokrasi (Relasi) sebagai subjek, maka yang menjadi sasaran hanya 10 basis,” katanya.

Kata dia, dari sosialisasi dan pendidikan pemilih yang akan dilakukan Tim Relasi diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses demokrasi, meningkatkan partisipasi pemilih, meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi dan membangkitkan kesukarelaan masyarakat sipil dalam agenda pemilu.

“Empat hal itu yang ingin dicapai. Makanya kita sangat berharap Relasi yang dibentuk ini dapat bekerja maksimal untuk mewujudkan hal tersebut,” ungkapnya

Ia menambahkan secara keseluruhan personil Relasi berjumlah 55 orang yang mewakili seluruh basis pemilih dengan ketentuan setiap basis terdiri dari minimal empat orang relawan.

Baca Juga :  Caleg di Mubar Melamar Jadi Penyelenggara, KPU Langsung Coret

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
6

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here