Menteri Perindustrian RI, Resmikan Smelter PT VDNI

285

Kendari, Inilahsultra.com – Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto meresmikan fasilitas pengembangan, pengelolaan dan pemurnian (smelter) nikel milik PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) yang terletak di Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin 25 Februari 2019.

“Saya apresiasi kepada direksi PT VDNI yang telah merealisasikan invenstasi 1,4 miliar USD dengan jumlah produksi 15 tungku Rotary Kiln-Electric Furnance (RKEF) dengan kapasitas produksi NPI 600.000 hingga 800.000 metrik ton per tahun,” jelas Airlangga Hartarto

- Advertisement -

Menurutnya, fasilitas pengembangan pengolahan dan pemurnian PT VDNI, akan menjadi industri smelter terbesar di Indonesia di masa mendatang.

Fasilitas ini memiliki potensi besar untuk memberikan dampak positif terhadap pembangunan dan kemajuan Sultra tentunya bagi kemajuan negara.

“Program ini mendukung program pemerintah, yaitu peningkatan nilai tambah sumber daya alam dan penyebaran wilayah industri di luar pulau Jawa,” katanya.

“Kehadiran fasilitas smelter PT VDNI, industri logam berpotensi meningkatkan nilai tambah, sehingga dipastikan dapat memberi multiplier effect dalam berbagai aktivitas industrialisasi di berbagai bidang,” jelasnya.

Selain itu, pembangunan kawasan industri di luar Pulau Jawa bertujuan untuk mendorong pemerataan infrastruktur dan ekonomi di seluruh Indonesia. Pemerintah memproyeksikan di masa mendatang akan terjadi peningkatan kontribusi sektor industri.

“Pengolahan nonmigas di luar Jawa sebesar 60 persen dibanding di Jawa, karenanya pengembangan kawasan industri menjadi perhatian utama pemerintah karena diharapkan mampu mewujudkan perekonomian yang inklusif,” bebernya.

Peresmian smelter dilakukan secara simbolis, ditandai dengan penandatanganan plakat pembangunan yang dilakukan oleh Menteri Perindustrian Republik Indonesia,

Selain Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto, juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara Ali Mazi, Presiden Direktur PT VDNI Mingdong Zhu dan Site Manager PT VDNI, Zhou Yuan, anggota DPR RI Ridwan Bae serta instansi terkait.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...