Dua Hari Puasa, Harga Bawang Putih di Buton Melonjak Tiga Kali Lipat

sumber (foto) : sinjaikab
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Harga bawang putih di Pasar Sabho Kecamatan Pasarwajo Kabupaten Buton melonjak hingga beberapa kali lipat sejak awal Ramadan 1440 H. Saat ini, harga bawang sudah mencapai Rp 80 Ribu perkilogram.

Salah seorang pedagang di Pasar Sabho, Ibu Raono mengatakan, sebelumnya ia menjual bawang putih dengan harga Rp 25 ribu hingga Rp 30 ribu perkilogram jika harganya stabil. Namun sekarang sudah naik menjadi Rp 80.000 perkilogram.

-Advertisement-

“Perkilo Rp 30 ribu, sekarang sudah 80 ribu,” ungkapnya, Selasa 7 Mei 2019.

Ia mengaku, tidak tau menahu soal terjadinya kenaikan harga bawang itu. Pasalnya selama ini dia hanya menerima bawang tersebut dari distributor yang datang langsung dari Kota Baubau.

“Dari Baubau yang bawakan (bawang putih) tidak tau juga kenapa naik harganya,” katanya.

Bukan hanya itu, Ibu Raono juga tidak mengetahui secara pasti kapan harga bawang putih akan kembali normal. Pasalnya, selama Ramadan hingga menjelang lebaran harga rempah-rempah selalu naik.

Sementara itu, pedagang lainnya di Pasar Sabho, Ibu Wa Mira mengaku, menjual bawang putih dengan harga Rp 60.000 per kilogram dari harga sebelumnya Rp 45.000.

“Rp 45 ribu, tapi sekarang sudah Rp 60 ribu satu kilo, tidak tau juga kenapa naik,” kata Wa Mira.

Wa Mira berharap, pemerintah dapat menekan harga khususnya bawang putih sehingga bisa dijangkau oleh pembeli maupun dirinya selaku pedagang.

Sementara itu, pantauan di Pasar Sabho harga sembako lainnya masih stabil. Baik harga beras, gula pasir, telur, dan minyak goreng.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments