Polres Kendari Telusuri Aliran Dana Hasil Penipuan yang Mengaku Karyawan VDNI

327

Kendari, Inilahsultra.com – Polres Kendari menelusuri aliran dana hasil penipuan Dian Ekawati perempuan yang mengaku karyawan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) di Desa Morosi, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe.

Akibat penipuan itu, Direktur Operasional PT Citra Mitra Energi (CME) Eddy Freddy merugi sebanyak Rp 466 juta.

- Advertisement -

Kapolres Kendari Jemi Junaidi melalui Kasat Reskrim Polres Kendari AKP Diki Kurniawan mengatakan, aliran dana penipuan itu pasti akan ketahuan dimana saja diberikan. Entah ke keluarganya atau kerabatnya.

“Kalau melalui rekening aliran danannya pasti ada jejak, siapa-siapa yang mendapatkan aliran dari dana tersebut,” kata Kasat Reskrim Polres Kendari AKP Diki Kurniawan di ruang kerjanya, Kamis 16 Mei 2019.

Ia mengaku, tidak menutup kemungkinan ada yang terlibat jika dilihat dari transaksi perbankan.

“Kalau tidak ada bukti-bukti transfer dari bank, nanti kita lihat melalui rekening koran dan di dalamnya sudah jelas semua,” ungkapnya.

Terkait adanya oknum dari PT VDNI bekerja sama dengan Dian Ekawati, Diki Kurniawan menyebut, akan tetap dilakukan penelusuran aliran dana itu.

“Ini akan menjadi hal baru untuk dilakukan penyelidikan, nanti dalam proses penyelidikan ini akan mengalir dan siapa pun yang terlibat pasti akan kita dalami,” katanya.

Terhadap adanya tersangka baru, Diki belum mau menyebut. Namun, bisa saja ada tergantung dari kapasitasnya dalam hal apa dan sampai di mana keterlibatannya.

“Jangan sampai yang dia transferkan untuk beli kosmetik, masa kita tersangkakan orang mau beli kosmetik. Tapi kalau memberikan tanpa ada timbal balik apapun dan kalau pemberian dikuatkan dengan beberapa petunjuk kemudian keterangan saksi, bisa masuk jadi tersangka baru,” jelasnya.

Sebelumnya, sang penipu pernah menggunakan nama dan tanda tangan Mister Jek, salah satu petinggi di perusahaan asal Tiongkok itu.

Terkait hal itu, pihaknya sudah meminta keterangan ahli bahasa Indonesia-Cina di VDNI. Berdasarkan pengakuan Mister Jek tidak pernah bertanda tangan.

“Kita sudah samakan tanda tangan Mister Jek dalam perjanjian kontrak berbeda dengan yang tertera tanda tangannya di KTP. Bahkan Mister Jek telah melaporkan Dian Ekawati dengan pemalsuan tanda tangan dan Dian Ekawati tidak pernah bekerja di PT VDNI,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...