Pemkot Kendari Raih Penghargaan WTP Enam Kali Beruntun

397
 

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari kembali meraih penghargaan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang keenam kalinya secara berturut-turut atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penyerahan dokumen LKPD 2018 diberikan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Hermanto kepada Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir di Kantor BPK Sultra, Jumat 24 Mei 2019.

- Advertisement -

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengatakan, Kota Kendari kembali meraih laporan hasil pemeriksaan (LHP) tahun 2018 dengan capaian opini WTP dari BPK RI Perwakilan Sultra berkat kerja sama dari semua pihak di lingkungan pemerintah Kota Kendari.

“Walaupun kita tahu bersama bahwa tahun 2018 adalah tahun yang berat bagi Kota Kendari, tetapi dengan semangat kebersamaan dan tekad seluruh jajaran pemerintah untuk mempersembahkan yang terbaik dengan raihan WTP,” kata Sulkarnain Kadir melalui pesan Whatsappnya, Sabtu 25 Mei 2019.

Dengan raihan opini WTP ini, lanjut Sulkarnain, sebagai bukti bahwa dalam setiap upaya yang dilakukan dengan niat dan semangat yang tulus selalu menghasilkan yang terbaik.

“Kami juga berharap dengan capaian ini seluruh jajaran pemerintah Kota Kendari akan lebih termotivasi untuk berbuat dan bekerja lebih maksimal dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat,” jelasnya.

Orang nomor satu di Kota Kendari ini tak lupa menyampaikan terima kasih kepada pimpinan BPK RI perwakilan Sultra yang telah memberikan arahan dan pendampingan serta penilaian kepada Pemkot Kendari.

“Tak lupa pula kami ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat atas dukungan dan doa yang terus diberikan kepada pemkot kendari,” tutupnya.

Sementara itu Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Hermanto mengatakan, penghargaan yang telah diberikan kepada 10 daerah kabupaten atau kota atas dokumen LKPD telah dilaksanakan sesuai kaidah-kaidah dengan berbagai tahapan pemeriksaan dengan waktu yang telah ditetapkan.

Adapun tahapan yang dimaksud, diantarannya, pada tahapan pertama yakni perencanaan pemeriksaan, pelaksanaan pemeriksaan pendahuluan LKPD, pelaksanaan pemeriksaan terinci LKPD, penyusunan LHP atas pemeriksaan LKPD, dan terakhir penyerahan LHP LKPD dilaksankan hari ini.

Kemudian ada tiga buah dokumen yang diserahkan yaitu LHP atas laporan keuangan, LHP sistem pengendalian intern, dan LHP atas kepatuhan peraturan perundang-undangan.

“Selamat atas prestasinya kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya, khususnya saat tim melakukan pemeriksaan di daerah dan apresiasi atas LKPD yang berjalan sesuai aturan perundang-perundangan yang berlaku. Semogah tata kelola makin baik dari tahun ketahun, dan selalu melihat serta memperbaiki setiap catatan yang kami sampaikan,” kata Kepala BPK Sultra Hermanto dalan pers rilisnya.

Untuk diketahui penyerahan WTP Pemkot Kendari bersamaan dengan Kota Baubau, Kabupaten Bombana, Konawe Selatan, Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Utara, Wakatobi, Buton, dan Buton Tengah.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...