Dalam Waktu Dekat Pengadilan Akan Eksekusi Lahan di Korumba

618
Warga menggelar demo di Pengadilan Negeri Kendari terkait rencana eksekusi lahan di Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pengadilan Negeri (PN) Kendari dalam waktu dekat akan melakukan eksekusi lahan di Korumba, Kecamatan Mandonga, Kota Kendari tepatnya di samping Tapak Kuda.

-Advertisements-

Permasalahan ekseskusi lahan dengan luas 24 hektare itu, sudah mendapat restu dari putusan Pengadilan Tinggi (PT). Bahwa lahan tersebut milik Koperson, terkait eksekusi pihak PN Kendari masih berkoordinasi dengan kepolisian dalam pengamanan nantinya.

Humas Pengadilan Negeri Kendari, Klik Tri Margo SH mengatakan, lahan tersebut tetap dieksekusi untuk kepastian hukum yang didapatkan oleh pemohon. Saat ini, lahan tersebut tidak ada permasalahan. Mulai dari BPN, pemetaan batas tanah, dan status hukum telah klir.

“Pengadilan tinggal menunggu pembaharuan, permohonan pemohon dalam hal ini pihak Koperson. Lalu menjalankan perintah Pengadilan,” ujarnya, Rabu 26 Juni 2019 kemarin.

Klik mengakui, kendala dalam proses eksekusi sebelumnya yakni pihak Kepolisian. Jajaran Polres Kendari tak mau melakukan pengamanan, dengan berbagai alasan. Tahapan eksekusi tahun 2018 lalu, polisi meminta penundaan karena pertimbangan keamanan.

Alasan pihak kepolisian saat itu, Pilpres mau digelar. Setelah selesai Pilpres alasan berikutnya selesai sengketa di MK.

“Jika Kepolisian Polres Kendari tak siap untuk melakukan pengamanan, bisa saja Pengadilan akan meminta bantuan kepada pihak TNI,” tukasnya.

Untuk diketahui, perkara yang ada di lahan itu telah dimenangkan penggugat dari Koperson ke Pengadilan Tinggi melawan keluarga (Alm) Lasilapa.

Objek tanah tersebut, terdaftar dalam perkara PN Kendari Nomor : 48/Pdt.G/1993/PN Kendari Tahun 1993.
Kepolisian tak mau melakukan pengamanan sehingga proses ekseksui ini selalu tertunda

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...