Kalah Gugatan, Pemprov Gagal Pertahankan Aset Tanah Gedung Dinkes Sultra

3455
Gedung Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Sultra yang digugat warga. Pemprov kalah dalam sengketa tanah di lahan tersebut. (Siti Marlina)

Kendari, Inilahsultra.com – Pemprov Sultra gagal mempertahankan status kepemilikan aset tanah tempat berdirinya gedung Dinas Kesehatan Provinsi Sultra di kawasan Boulevard.

Pantauan Inilahsultra.com, saat ini di depan gedung tersebut telah dipasangi papan plang berisi informasi pemilik sah tanah tersebut.

- Advertisement -

Dalam plang tersebut tertulis pemilik tanah yakni atas nama Sitti Nurlina. Berikut data nomor putusan Pengadilan Negeri Kendari Nomor 63/Pdt.G/2017/PN.Kdi.

Saat dikonfirmasi Kepala Bagian Bantuan Hukum Biro Hukum Setda Sultra, Negah Suaryo tak menampik jika tanah Pemprov tersebut kini lepas dari list aset daerah.

Kata dia, sejatinya pemprov memegang sertifikat resmi atas tanah yang kini ditempati Dinas Kesehatan Sultra di jalan M Jasin.

Namun, ironisnya legalitas itu malah kalah oleh surat keterangan hak milik dikantongi Sitti Nurlina yang mengklaim sebagai pemilik sah tanah tersebut.

“Sertifikat kok kalah dengan surat keterangan. Kok bisa. Kita juga heran,” aku Nengah.

Dua kali Pemprov Sultra berjuang mempertahankan aset tersebut. Namun upaya itu tak membuahkan hasil.

Plang pemilik sah tanah gedung kawasan Kantor Dinas Kesehatan Sultra.

“Banding 2018. Kita kalah lagi. Malah menguatkan pihak sebelah,” sambungnya.

Kini, Pemprov Sultra dikabarkan kembali mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

“Belum ada hasil. Kami masih menunggu,” ucapnya.

Luas tanah kawasan kantor Dinas Kesehatan Sultra yang dimenangkan pihak Sitti Nurlina mencapai 4 hektare. Berdasarkan data surat keterangan pengeolahan tanah, pemilik awal tanah yang berdampingan dengan Rujab Kapolda Sultra itu bernama Timba dengan nomor 03/KL/12/1984.

Untuk diketahui, selain tanah Dinkes Sultra cukup banyak aset Pemprov Sultra yang kini diklaim pihak luar. Hal ini sempat menjadi sorotan KPK saat lembaga antirasuah itu bertandang ke Sultra.

Beberapa aset Sultra yang bermasalah antara lain tanah Pemprov Sultra di Lapangan Lakidende dan tanah yang kini ditempati Same Hotel Kendari.

Baca Juga :  Larang Pegawai Terima Bingkisan, Pemprov Sultra Dapat Apresiasi dari KPK

Penulis : Siti Marlina
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here