Rusmin Abdul Gani Siap Maju Ketua KONI Sultra

Rusmin Abdul Gani
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Keluarga Olahraga Tarung Derajat (Kodrat) Sulawesi Tenggara (Sultra), Rusmin Abdul Gani mencalonkan diri jadi ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra periode 2019 – 2023.

Niat maju sebagai salah satu calon ketua KONI karena rasa kepedulian yang tinggi terhadap olahraga. Apalagi di era sekarang, generasi muda butuh pembinaan sehingga tidak terjerumus ke hal-hal yang bersifat negatif.

-Advertisement-

“Di Tarung Derajat, kita sudah mempersipkan pelatihan-pelatihan, persiapan event, program dan ide. Agar ke depannya olahraga kita harapkan bisa menjadi wadah untuk generasi muda untuk menyalurkan bakatnya,” ucap Rusmin Abdul Gani saat ditemui di kantor Kodrat Sultra, Rabu 4 September 2019 sore.

Terlepas dari itu, kata Rusmin, keinginannya maju sebagai ketua KONI karena selama ini organisasi olahraga tertinggi di Sultra itu selalu didominasi oleh pejabat birokrasi.

“Ketika pihak dari swasta muncul, akan lebih maksimal dalam pelaksanaan kegiatan, karena memiliki jaringan atau akses di luar dana APBD dan bisa mengajak swasta lainnya untuk ikut berpartisipasi sebagai stakeholder,” ujarnya.

Rusmin berharap, pihak perusahan yang ada di wilayah Sultra melalui program pemberdayaan, bisa menyisihkan dana untuk pembinaan olahraga.

“Coba bayangkan, di Sultra ada 90 IUP yang saat ini beroperasi. Satu IUP saja, kalau melakukan pembinaan pada satu cabang olahraga (cabor) akan menjadi energik yang luar biasa. Di samping itu, dibantu dengan dana dana pemerintah dalam hal ini APBD dan APBN sehingga apa yang kita rencanakan dan yang kita inginkan pasti akan tercapai,” jelasnya.

Secara pribadi, Rusmin mengakui pendatang baru di KONI. Namun punya niat untuk menjadi calon ketua dengan bermodalkan pendekatan dan program-program yang dimiliki sehingga menyatakan siap menjadi ketua KONI Sultra.

“Kita tahu bahwa untuk maju sebagai ketua KONI harus mencapai 30 persen dari cabor itu harus mendukung kita dan KONI kita giring sebagai organisasi yang mandiri yang benar-benar mewadahi cabor yang ada dan bisa memaksimalkan olahraga di Sultra,” tuturnya.

Pencalonannya sebagai ketua Rusmin mengaku optimis bisa mencapai target suara. Diperkuat dengan pengurus cabang (pengcab) Tarung Derajat yang ada di beberapa kabupaten di Sultra.

“Pengcab yang ada di kabupaten yang akan melakukan komunikasi dengan cabor lain, Pengcab yang sudah ada yakni Kendari, Konsel, Kolut, Koltim dan Buton. Tersisa empat kabupaten dalam waktu dekat akan meng-SK-kan yakni, Bombana, Wakatobi, Muna dan Mubar,” tutupnya.

Penulis : Onno

Facebook Comments