Arhawi: FBK Ajang Melestarikan Budaya Wakatobi

42
Bupati Wakatobi Arhawi saat membuka Festival Barata Kaledupa, Selasa 17 September 2019.

Wakatobi, Inilahsultra.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi konsisten dalam pelaksnaan even budaya.

Hal itu diungkap Bupati Wakatobi H Arhawi saat membuka Festival Barata Kaledupa (FBK), Selasa 17 September 2019.

- Advertisement -

Menurut dia, pelaksanaan even budaya merupakan bagian dari komitmen bersama antara pemerintah dan masyarakat untuk melestarikan budaya.

Arhawi menjelaskan, penyelenggaraan sejumlah even budaya, semakin memperkokoh posisi Wakatobi sebagai 10 destinasi pariwisata prioritas di Indonesia.

                       

“Saya ingin sampaikan bahwa even budaya seperti Festival Barata Kahedupa (FBK), juga sebagai ajang menggerakkan silaturrahmi masyarakat. Baik yang berada di Kaledupa maupun di luar Kaledupa. Sehingga memberikan dampak positif terhadap pemeliharaan nilai-nilai budaya daerah maupun dampak ekonomi masyarakat,” ungkap Arhawi.

FBK Tahun 2019 kali ini mengusung tema ‘Membangun Eksistensi Masyarakat Hukum Adat dalam Mendukung Pengembangan Pariwisata Pulau Kaledupa’.

Menurut dia, FBK merupakan bagian dari upaya mempromosikan secara efektiv kepariwisataan dan budaya di Wakatobi, khususnya Pulau Kaledupa.

Kata dia, penyelenggaraan even budaya khususnya FBK sebagai wahana yang tepat bagi seluruh masyarakat untuk menumbuhkan apresiasi dan mengekspresikan kebanggaan terhadap seluruh aset dan perbendaharaan budaya.

“Pelaksanaan even ini untuk mengaktualisasikan segenap potensi kebudayaan yang dimiliki masyarakat kita yang saat ini mulai terlupakan,” tutur Arhawi.

Arhawi menjelaskan, ajang FBK menjadi instrumen untuk memupuk dan menumbuhkembangkan integritas sosial masyarakat dan simpul bersama.

Reporter: La Ode Samsuddin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
                   
                                       
Baca Juga :  Kanwil Kemenag Sultra Ajak Masyarakat Tidak Terprovokasi Isu People Power