Ketua DPRD Kendari Bersama Warga Bende Bersihkan Drainase

130
Subhan bersama warga ikut bersih-bersih drainase di Kelurahan Bende. (Haerun/Inilahsultra)

Kendari, Inilahsultra.com – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari Subhan bersama warga melakukan kegiatan bersih-bersih drainase di jalan Sao-sao, Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia, Sabtu 21 September 2019.

Subhan turun langsung di lapangan didampingi langsung Lurah Bende Amir Yusuf, masyarakat sekitar, serta puluhan petugas kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari.

- Advertisement -

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bajir pada musim hujan.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk membersihkan drainase yang sudah dipenuhi oleh tumpukan sampah yang kerap dikeluhkan warga sekitar.

                       

“Warga di sini sering mengeluhkan drainase yang berubah fungsi dijadikan tempat pembuangan sampah, dan hari ini kita turun bersama-sama warga membersihkan tumpukan sampah untuk mengembalikan drainase sebagaimana fungsinya,” kata Subhan.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, pada dasarnya kegiatan ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir yang sering terjadi saat musim hujan.

Lanjutnya, ada beberapa titik yang menjadi langganan banjir di Jalan Sao-sao walaupun hujan tidak terlalu deras dan tidak lama.

“Salah satu akibat banjir di sini itu diakibatkan saluran drainase yang tersumbat sehingga air tetap menetap di tempat dan masuk ke pemukiman warga. Jadi, kita bersihkan memang sekarang sebelum musim hujan tiba,” jelasnya.

Ketua Kerukunan Pedagang Kota Kendari ini mengaku berterima kasih atas antusias masyarakat dan petugas kebersihan DLHK yang ikut berpartisipasi melakukan bersih-bersih drainase.

Setelah dibersihkan ini, Subhan berharap, kegiatan ini dapat membangun kesadaran masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah sembarangan terutama di drainase.

“Kita bisa lihat tempat pembuangan sampah kosong sementara dalam drainase tumpukan sampah begitu banyak. Kita berharapkan kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya, dan tidak membaung lagi dalam drainase,” harapnya.

Baca Juga :  Banjir Konawe, Bayi Berusia 4 Hari Dilaporkan Meninggal Dunia

Di tempat yang sama, Lurah Bende Amir Yusuf mengatakan, tumpukan drainase sepanjang jalan Sao-sao sudah lama dikeluhkan warga sekitar.

“Hari ini kita fokuskan drainase yang dipenuhi sampah plastik dan berkat kerjasama dengan seluruh pihak sampah-sampah tersebut bisa kita angkat,” jelasnya.

Setelah membersihkan drainase di jalan Sao-sao, lanjut Amir, masih ada beberapa titik di Kelurahan Bende kondisi saluran drainase tidak lagi berfungsi dengan baik.

“Titik drainase tidak normal itu ada di BTN 1 dan BTN DPRD yang saluran airnya tidak berfungsi dengan baik. Dalam waktu dekat ini, kita bersama warga sekitar akan melakukan lagi kegiatan bersih-bersih drainase,” tuturnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...