Mahasiswa Bidik Misi Keluhkan Pembayaran UKT Belum Dikembalikan

68
Ilustrasi (Beritajatim.com)

Kendari, Inilahsultra.com – Mahasiswa penerima beasiswa bidik misi mengeluhkan belum menerima pengembalian pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) pada saat masuk di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Salah seorang mahasiswa Bidik Misi yang tak ingin disebutkan namanya mengaku, pada tahun lalu dirinya harus membayar UKT sebesar Rp 2,5 juta untuk bisa masuk menempuh pendidikan tinggi di UHO.

Advertisements
- Advertisement -

“Pada saat itu, kita disuruh membayar saja dulu UKT Rp 2,5 juta infonya di kita dapatkan di bidik misi uang pembayaran UKT akan dikembalikan pada saat masuk kuliah,” ungkapnya.

Ia mengaku, dirinya sering menanyakan UKT yang pernah dibayarkan, tapi pihak pengelola bidik misi hanya memberikan janji bahwa uang pembayaran akan dikembalikan pada saat masuk kuliah.

“Sampai saat ini saya belum dikembalikan pembayaran UKT yang sudah dijanjikan. Kalau memang tidak dikembalikan tidak usah kita dijanji. Tapi saya harap uang pembayaran itu bisa dikembalikan,” ungkapnya.

Mahasiswa lain penerima bidik misi juga mengatakan, dirinya membayar UKT dengan jumlah yang sama dan dijanjikan akan dikembalikan pada saat kuliah.

“Saya membayar Rp 2,5 juta pada saat itu dan bukti slip pembayaran masih ada, kami dijanji uang pembayaran itu akan dikembalikan, tapi sampai saat ini belum dikembalikan,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan mahasiswa lain penerima bidik misi mengaku telah membayar UKT sebesar Rp 1 juta di UHO.

“Katanya akan dikembalikan pada saat kuliah, tapi sampai saat ini belum juga dikembalikan,” kata mahasiswa lainnya.

Ia mengaku, dirinya sudah beberapa kali menghadap dan memertanyakan kapan UKT yang pernah dibayarkan di universitas akan dikembalikan.

“Kalau tidak salah sudah tiga kali saya menanyakan kepada pengelola bidik misi, kapan uang kami dikembalikan. Dan jawaban mereka hanya memberikan janji, bahkan tidak memberitahukan kepada kami untuk mengumpul persyaratan seperti slip pembayaran pertama,” ungkapnya.

Baca Juga :  Rektor UHO: Dies Natalis ke-36, Momentum Memperkuat Ikatan yang Selama Ini Rapuh

Sebenarnya, kata dia, banyak mahasiswa bidik misi yang mengeluhkan pembayaran UKT belum dikembalikan.

“Kami mahasiswa bidik misi hanya butuh penjelasan dengan janji yang pernah diungkapkan oleh pengola. Kalau memang dikembalikan alhamdulillah, dan kalau tidak dikembalikan kami tetap menerimanya. Karena menempuh pendidikan itu kita harus berkorban dengan materi,” jelasnya.

Saat dikonformasi kepada Kepala Pengelola Asrama Bidik Misi Pendais Haq mengatakan, UKT mahasiswa penerima bidik misi sudah dikembalikan, karena jauh sebelumnya sudah disampaikan bahwa bagi mahasiswa bidik misi yang mendapatkan kuota tambahan untuk menghadap kepada pihak pengelola bidik misi agar dikembalikan UKT-nya.

“Sebenarnya mereka itu kan sudah jadi mahasiswa baru tercover dalam bidik misi karena tambahan kuota makanya membayar UKT. Tapi itu sudah dikembalikan dan langsung dikirim di rekening masing-masing,” jelas Pendais Haq saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 4 November 2019.

Untuk itu, kata Pendais, bagi mahasiswa bidik misi yang belum menerima pembayaran UKT agar segera melapor kepada pengelola bidik misi di Asrama Putra.

“Mahasiswa bidik misi yang belum dikembalikan pembayaran UKT-nya berarti belum melapor sama pihak pengelola bidik misi. Saya harap mereka ini segera melapor supaya prosesnya pencairan uangnya cepat,” jelasnya.

Mahasiswa bidik misi, lanjutnya ke Asrama Putra harus membawa bukti slip pembayaran pada saat pembayaran UKT. Kemudian akan diinput dan setelah itu bagian keuangan akan mengembalikan pembayaran UKT lewat rekening mahasiswa.

“Slip pembayaran UKT harus ada, walaupun mahasiswa bidik misi mengaku membayar UKT tapi tidak ada slip, maka tidak akan dikembalikam. Karena slip itu kita akan singkronkan dengan data mahasiswa yang bersangkutan,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...
     
Baca Juga :  Meski Ditolak Mahasiswa, UHO Tetap Terapkan Uang Pangkal