Festival Buton Selatan Digelar Akhir November

378
Kepala Dinas Pariwisata Busel La Ode Harwanto saat rapat pemantapan pelaksanaan Festival Buton Selatan.

Batauga, Inilahsultra.com – Sebagai bentuk pengembangan promosi pariwisata di dalam dan di luar negeri, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Selatan menggelar Festival Buton Selatan (South Buton Festival).

Rencananya, festival bergengsi ini akan digelar selama tiga hari. Mulai dari 29 November hingga 1 Desember 2019.

Advertisements
- Advertisement -

Nantinya, ada beberapa pagelaran yang akan ditampilkan pada festival ini. Antara lain, parade budaya atau karnaval budaya, parade boti, ritual adat, fashion show, lomba permainan tradisional dan pagelaran seni budaya.

Kepala Dinas Pariwisata Busel, La Ode Harwanto menuturkan, Festival Buton Selatan ini diambil dari kerangka besar yang sesuai dengan visi misi Bupati Busel yang termuat dalam RPJMD dan termuat dalam Rencana Strategi (Renstra), utamanya Renstra Pariwisata yang diturunkan dalam bentuk Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) setiap tahun.

“Jadi festival ini menjadi kegiatan berkelanjutan (digelar tiap tahun),” tutur Harwanto usai rapat pemantapan kerja panitia Festival Buton Selatan, Kamis 7 November 2019.

Festival Buton Selatan ini, kata dia, nantinya menjadi pintu gerbang besar menuju ke even-even yang ada di tujuh kecamatan se Busel.

Maksudnya, lanjut dia, tujuh kecamatan ini meramu even masing-masing dan pariwisata tinggal membuat sebuah kalender of event.

“Jadi semua even dari tujuh kecamatan di Busel, terangkum dalam festival ini. Karena kan setiap kecamatan mempunyai waktu event yang berbeda, makanya harus ada kalender even,” ujarnya.

Selain berjalan sukses, Harwanto berharap festival yang akan digelar ini bisa memberi dampak positif pada perekonomian masyarakat Busel.

“Harapannya, bukan hanya suksesnya acara. Tetapi juga berdampak pada ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Untuk diketahui, persiapan Pemkab Busel menggelar Festival Buton Selatan ini telah mencapai 70 persen.

Baca Juga :  Peran Emak-Emak Dibalik Suksesnya TMMD di Busel

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...