Mubar Jadi DOB Terbaik di Sultra

358
Bupati Mubar LM Rajiun Tumada saat menerima penghargaan. (Istimewa)

Laworo, Inilahsultra.com – Dalam pertemuan evaluasi kinerja Daerah Otonom Baru (DOB) yang digelar Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Pemda Kabupatan Muna Barat (Mubar) mendapatkan nilai yang memuaskan, Kamis 7 November 2019.

Pertemuan itu dihadiri langsung oleh Bupati Mubar, LM Rajiun Tumada. Sebagai DOB di Sultra, Mubar medapatkan nilai 93,25, Kabupaten Buton Tengah 90,50 dan Buton Selatan 91,25.

Advertisements
- Advertisement -

Kepala Bidang SDM PUPR Mubar, Surachman mengatakan, pencapaian itu merupakan hasil penilaian terhadap 10 indikator Daerah Otonomi Baru berdasarkan Permendagri Nomor 23 Tahun 2010.

“Syukur alhamdulillah masyarakat Muna Barat kembali mendapatkan kado istimewa dari Pemerintah Pusat. Dari nilai yang ada, Mubar mengungguli dua daerah lainnya yaitu sebesar 93,25,” kata Surachman melalui WhatsAppnya, Kamis 7 November 2019.

Kata Surachman, indikator lain yang sangat menonjol yang telah diraih oleh Kabupaten Muna Barat adalah pada aspek pencapaian indeks pembangunan manusia yang menunjukkan kinerja yang semakin baik dari tahun ke tahun.

Terbukti pada tahun 2018, lanjut Surahcman, nilai IPM Muna Barat mencapai 64.11 mengungguli pencapaian kabupaten seusianya yang berkisar pada poin 63.46 (Buton Tengah) dan 63.47 (Buton Selatan).

“Dengan adanya pengakuan dari pemerintah pusat semakin menegaskan keberhasilan sang pelopor pembangunan Muna Barat dalam menakhodai Mubar sehingga dapat melampaui pencapaian kabupaten lainnya,” ucapnya.

Atas capaian itu, setelah diberikan penghargaan oleh Kemendagri RI, Kabupaten Mubar tidak lagi berstatus sebagai DOB tetapi sebagai daerah otonom.

Kata dia, semua indikator sesuai Permendagri Nomor 23 tahun 2010 sudah terpenuhi untuk evaluasi daerah otonom baru. Jika sudah terpenuhi maka dianggap sudah otonom sesungguhnya.

“Prestasi ini menunjukan bahwa Bupati Muna Barat sukses membawa Muna Barat memasuki era otonomi yang sesungguhnya dan Muna Barat tak lagi berstatus DOB,” pungkasnya.

Baca Juga :  Setelah Konut, Gempa Bumi Guncang Pulau Wawonii

Penulis : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...