Inarto Ingatkan Pemkot Kendari Transparan Gunakan Dana Corona Rp 66 Miliar

1017
 

Kendari, Inilahsultra.com – Wakil Ketua DPRD Kota Kendari LM Inarto mengingatkan Pemerintah Kota Kendari transparan dan akuntabel dalam penggunaan anggaran penanggulangan dan pencegahan virus corona.

Sebelumnya, DPRD dan Pemkot Kendari menyepakati anggaran penanggulangan bencana corona di Kota Lulo sebesar Rp 66 miliar.

- Advertisement -

Namun, kata dia, dalam kesepakatan itu belum ada rincian berbentuk proposal dari dinas terkait peruntukan anggaran Rp 66 miliar.

Untuk itu, kata politikus Golkar ini meminta penggunaan anggaran yang begitu besar transparan, akuntabel, terbuka dan terukur.

“Kemudian barang yang dibeli juga harus jelas dan memiliki asas manfaat dalam penanganan virus mematikan ini,” kata Inarto, Selasa 14 April 2020.

Inarto melanjutkan, tuntutan transparansi penggunaan anggaran ini bukan karena kecurigaan akan penyalahgunaan tetapi untuk mengantisipasi masalah hukum kemudian hari.

“Ini kan sudah disepakati, kita harap anggaran jni bisa maksimal dalam penanganan virus corona,” imbuhnya.

Menurut Inarto, selain untuk digunakan pengadaan alat pelindung diri (APD) tenaga medis, masker dan kebutuhan medis lainnya, anggaran tersebut juga diperuntukan pengadaan logistik bagi warga yang terimbas virus mematikan ini.

Ia menyebut, sebelum kebijakan karantina wilayah atau sejenis pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kebutuhan masyarakat harus dipenuhi lebih dulu.

“Jadi, kita butuh data dan jumlah yang pasti warga yang terdampak. Pemerintah kota harus menjelaskan detil datanya,” tuturnya.

Ia menegaskan, DPRD Kota Kendari akan terus mendukung Pemkot Kendari dalam penanganan dan pencegahan virus corona ini.

“Sebagai representasi masyarakat, kita juga akan mengawal penggunaan anggaran ini. Karena ini uang rakyat tidak boleh disalahgunakan dalam situasi bencana macam ini,” pungkasnya.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...