Pasien Positif di Koltim Pernah Dirawat di Rumah Sakit Unaaha Konawe

976
 

Kendari, Inilahsultra.com – Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) akhirnya pecah telur dengan satu kasus pertama Covid-19 atau Virus Corona.

Jubir Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Koltim, dr. Munir Abubakar menjelaskan, kasus terkonfirmasi positif 1 orang jenis kelamin laki-laki usia 30 tahun dari Kecamatan Uesi.

- Advertisement -

Riwayat perjalanan pasien positif ini mengikuti kegiatan ijtima ulama Zona Asia di Pakato, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Ditetapkan sebagai orang dalam pemantauan (ODP) sejak 31 Maret 2020 dengan dilakukan karantina rumahnya selama 14 hari.

Kemudian dilakukan rapid test sebanyak 2 kali pada 4 dan 14 April hasilnya dinyatakan negatif.

“Sejak 16 April pasien ini dirawat di rumah sakit darurat Covid-19 di Unaaha Kabupaten Konawe dengan dilakukan pemeriksaan tes swab dan hasilnya terkonfirmasi positif,” kata dr. Munir Abubakar, Minggu 26 April 2020.

Sebenarnya, kata Munir Abubakar, ada
3 orang yang dilakukan tes swab dari Kecamatan Uesi semua peserta ijtima ulama, 2 negatif dan 1 pasien yang dinyatakan positif.

“Untuk itu, dalam waktu dekat ini kita akan lakukan tes swab dengan kontak se rumah dari pasien yang positif corona,” jelasnya.

Ia mengimbau masyarakat Koltim senantiasa untuk mematuhi anjuran
yang disampaikan pemerintah yakni tetap di rumah, hindari keramaian, jaga jarak lebih minimal 1 meter, sering cuci tangan menggunakan sabun, pakai masker dalam memutus mata rantai virus corona.

“Kepada masyarakat pendatang agar bersedia melaporkan diri ke aparat desa atau ke petugas kesehatan untuk ditindaklanjuti melalui scraning dan ditentukan kategorinya,” tutupnya.

Untuk diketahui kasus ODP di Koltim saat ini sebanyak 10 orang.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...