Survei PPI di Pilkada Konsel : Petahana Semakin Kuat dan Sulit Ditumbangkan

934
 

Kendari, Inilahsultra.com – Hasil Survei Parameter Publik Indonesia (PPI) mengunggulkan Surunuddin Dangga di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Konawe Selatan, pada 9 Desember 2020 mendatang.

Elektabilitas petahana meninggalkan jauh kandidat lain dengan nilai 60 persen, disusul peringkat kedua Muh Endang-Wahyu 9,20 persen, Rusmin Abdul Gani-Senawan Silondae hanya 5,8 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan sebanyak 25 persen.

- Advertisement -

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia, Ras MD menjelaskan, hasil survei yang dilaksanakan sejak 20 Agustus hingga 26 Agustus 2020 dengan melibatkan 1.000 responden, elektabilitas Surunuddin Dangga masih perkasa dibanding kandidat lain.

Menurut Ras MD, ada beberapa faktor yang membuat Surunuddin Dangga sulit untuk ditumbangkan yaitu kelompok pemilih yang tidak menginginkan petahana suaranya terpecah kepada ke dua penantang maju Pilkada.

Tidak masuknya Irham Kalenggo sebagai peserta makin menguntungkan posisi petahana. Pasalnya, kecenderungan pemilih Irham bermigrasi lebih besar ke Surunuddin dari pada ke Muh Endang maupun ke Rusmin Abdul Gani

Persepsi kepuasan atas kinerja Surunuddin Dangga sebagai bupati di atas 80 persen, dan persepsi keberhasilan terhadap Surunuddin Dangga sebagai bupati di atas 80 persen.

Kemudian, rapor hijau terhadap empat aspek kehidupan masyarakat. Baik politik, ekonomi, hukum dan keamanan yang mayoritas publik menilai empat aspek tersebut memuaskan.

“Karena Irham Kalenggo tak jadi mencalonkan diri. Maka dari hasil survei Parameter Publik Indonesia suara Irham bergeser ke Surunuddin alias petahana,” tutup Rasmuddin.

Untuk diketahui, ada tujuh Kabupaten di Sultra yang melaksanakan Pilkada serentak 2020, yakni Buton Utara (Butur), Konawe Selatan (Konsel), Konawe Kepulauan (Konkep), Wakatobi, Kolaka Timur (Koltim), Konawe Utara (Konut) dan Muna.

Penulis : Haerun

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...