Pemda Konkep Bakal Fokus Pengembangan Pariwisata

180
Kadis Parmudora Konkep, Armin.

Konkep, Inilahsultra.com – Sejalan dengan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parmudora) setempat, bakal fokus mengembangkan sejumlah pariwisata yang ada di daerah itu.

Kepala Dinas Parmudora Konkep, Armin mengungkapkan, sebagaimana visi misi Bupati dan Wakil Bupati yakni menuju Wawonii bangkit, berkembang, kompetitif dan tangguh berbasis lingkaran hati emas yang dituangkan dalam lima misi.

- Advertisement -

“Kita masuk dalam misi ketiga, meningkatkan daya saing perekonomian berbasis potensi daerah. Jadi dinas pariwisata, pemuda dan olahraga ini dianggap salah satu basis perekonomian daerah,” jelas Armin saat ditemui di ruangannya, Senin 25 Januari 2021.

Armin menjelaskan, di instansi yang dipimpinnya itu, ada empat bidang yang fokus pada perencanaan tersebut, yakni bidang pengembangan pariwisata, bidang ekonomi kreatif, bidang kepemudaan dan bidang olahraga.

“Pada bidang pariwisata ini masih fokus mengangkat wisata-wisata unggulan, seperti wisata Tumburano yang menjadi icon utama dan ditunjang wisata Kampa, Watuntinapi, Kali Biru, wisata air panas Wungkolo kemudian pengembangan wisata Mangrove,” jelasnya.

Pada bidang ekonomi kreatif itu, pihaknya mengidentifikasi kerajinan-kerajinan yang ada ditujuh kecamatan. Sedangkan pada bidang kepemudaan, organisasi-organisasi kepemudaan yang diidentifikasi untuk memberikan peranan yang tepat.

“Kemudian pada bidang olahraga, kita mendeteksi potensi-potensi yang ada untuk dimunculkan seperti olahraga dayung sebagaimana kita berada pada kepulauan,” ujarnya

Yang menjadi prioritas pertama, lanjut Armin itu pada wisata air terjun Tumburano sebagaimana yang menjadi icon utama wisata Konkep.

“Iya, prioritas utama yaitu wisata air terjun Tumburano, dan penunjangnya ada wisata-wisata yang seperti kampa dan permandian yang lain,” tuturnya.

Sebagaimana ditau, bahwa dalam pengembangan pariwisata, harus ditunjang dengan Aksesibilitas, Atraksi dan Amenitas.

“Karna konsep pengembangan pariwisata harus dipenuhi dulu 3A, yakni Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas,” tutupnya.

Reporter : Sadaruddin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...