Pokdarwis Busel Dibina Kembangkan Wawasan, Diminta Jadi Guru di Negeri Sendiri

Pelatihan pengembangan kapasitas Pokdarwis Busel.
Bacakan

Batauga, Inilahsultra.com – Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kabupaten Buton Selatan (Busel) mendapatkan pelatihan tentang pengembangan kapasitas, Senin 15 Maret 2021.

Pelatihan yang di prakarsai Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel ini bertujuan untuk bagaimana Pokdarwis berwawasan luas dalam membangun pariwisata berkelanjutan.

-Advertisement-

“Alhamdulillah pengembangan pariwisata Busel ini mendapat dukungan penuh dari pak Bupati H La Ode Arusani,” tutur Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Busel La Ode Haerudin.

Salah satu pemateri dari Swisscontact Darwis meminta, pemerintah daerah untuk mempunyai konsep berbeda dalam pengembangan pariwisata.

Mulai dari mengurangi atau meniadakan kebiasaan mengajak Pokdarwis untuk belajar di luar daerah atau studi banding.

“Menurut kami harus di balik karena yang namanya pariwisata itu kan harus mendatangkan orang bukan kita yang kesana. Pokdarwis harus menjadi guru di negeri sendiri,” katanya.

Olehnya itu, kata dia, bagaimana pemerintah secerdas mungkin menyiapkan sistim dan mekanisme supaya orang luar mau datang belajar di Busel.

“Salah satunya itu menyiapkan organisasi yang baik dengan kapasitas yang benar sehingga bisa mumpuni menjadi guru ketika ada orang datang. Karena pariwisata itu bukan hanya tentang objek atau pun destinasi wisata tetapi juga mempariwisatakan diri sendiri,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments