HUT RI Ke-76, Pemkot dan DPRD Komitmen Berikan Karya dan Prestasi

Rapat paripurna DPRD Kota Baubau mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Gedung DPRD, Senin 16 Agustus 2021.
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) mengikuti rapat paripurna DPRD dengan agenda mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Gedung DPRD, Senin 16 Agustus 2021.

Rapat paripurna yang digelar ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan tujuan memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Bahkan protokol kesehatan yang ketat ini sudah diterapkan sejak awal pandemi Covid-19 tahun 2020 lalu dalam setiap rapat paripurna.

-Advertisement-

Pada momen ini, Wali Kota AS Tamrin yang di wakili oleh La Ode Ahmad Monianse selaku Wakil Wali Kota menuturkan, Pemkot Baubau mengajak seluruh elemen meneguhkan komitmen dan bersatu padu memberikan karya dan prestasi yang terbaik bagi negeri.

“Kita harus gelorakan untuk bekerja keras membangun daerah tercinta ini, sehingga kita dapat bangkit untuk mengisi kemerdekaan dengan nilai-nilai persatuan dan kesatuan yang telah diwariskan para leluhur kita yang dikenal dengan ‘Sara Pataanguna’ yang kemudian Wali Kota AS Tamrin sudah elaborasi menjadi filsafat nilai PO-5, yakni Pomaamaasiaka, Popiapiara, Pomaemaeaka, Poangkaamgkataka dan Pobincibinciki Kuli,” tuturnya.

Pasalnya, membangun kota tidak bisa hanya mengandalkan kinerja pemerintah daerah semata, karena perubahan akan dapat terwujud jika seluruh komponen bekerjasama bergerak dan saling memberikan kepercayaan satu sama lainnya.

“HUT RI ke-76 ini mengangkat tema ‘Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh’ yang merupakan wujud terciptanya nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik termasuk ketangguhan dan semangat kita melawan Covid-19,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua DPRD Baubau H Zahari mengatakan, selain mendengarkan pidato Kenegaraan Presiden RI, rapat paripurna yang digelar sehari sebelum tanggal 17 Agustus ini adalah momen bagaimana menyikapi perjuangan-perjuangan dari para pahlawan.

“Kami di DPRD memaknai bahwa kegiatan hari ini adalah betul-betul kegiatan yang sifatnya adalah mengingat kembali perjuangan-perjuangan pahlawan kita yang telah berkorban jiwa raga dalam merebut kemerdekaan RI,” ujarnya.

Pada 76 tahun Indonesia merdeka, Politisi Golkar ini berharap Pandemi Covid-19 segera berakhir dan segala aktivitas kembali normal seperti sedia kala.

Selain itu, DPRD Kota Baubau mengapresiasi kinerja Pemkot Baubau dalam penanganan Covid-19. Terutama apresiasi kepada para Tenaga Kesehatan (Nakes).

“Terkai dengan anggaran, kami juga sepakat bahwa apapun keputusan yang telah disampaikan oleh Kemendagri terkait dengan refocusing, kami dukung sepenuhnya, silahkan dilakukan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir

Facebook Comments