Hasil Panen Melimpah, Warga Kamaru Buton Gelar Pesta Adat

82
Bupati Buton La Bakry saat nenghadiri pesta adat di Kelurahan Kamaru, Minggu 26 September 2021.
Bacakan

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Bupati Buton La Bakry menghadiri tradisi pesta adat tahunan di Kelurahan Kamaru Kecamatan Lasalimu, Minggu 26 September 2021.

-Advertisements-

Pesta adat tersebut dilakukan masyarakat Kamaru setiap tahunnya sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas dilimpahkannya rezeki dari hasil pertanian yang diperoleh.

Orang nomor satu di Buton ini mengapresiasi tradisi dan pesta adat yang diadakan setiap tahun untuk melestarikan budaya masyarakat meskipun dalam masa pandemi Covid-19.

“Sudah dua tahun dalam masa pandemi kita adakan kegiatan ini. Namun Alhamdulillah Kabupaten Buton hari ini sudah dalam daerah zona hijau atas partisipasi semua pihak pemerintah dan masyarakat,” katanya.

Tahun ini, lanjut dia, semua komoditas pertanian berlimpah. Sehingga wajib disyukuri agar Tuhan selalu memberikan kebutuhan pangan yang cukup dan terpenuhi.

“Pesta adat menjadi wujud rasa syukur, dan Kita berharap limpahan panen ini tidak hanya di Kabupaten Buton melainkan di seluruh Wilayah Indonesia yang sedang berikhtiar,” sambung Ketua Umum DPW Barisan Pemuda Nusantara (Bapera) Provinsi Sulawesi Tenggara ini.

Dia mengatakan, revitalisasi situs budaya Benteng di Kamaru, pemerintah akan bekerja sama dengan tim ahli untuk segera ditindaklanjuti. Sehingga anggarannya bisa diusulkan dan masyarakat bisa mengakses.

Plt Camat Lasalimu Laode Zahaba menjelaskan, pesta adat Kamaru diawali ritual ziarah makam leluhur di Benteng Kamaru.

“Saya mengucapkan Selamat datang dan terima kasih terhadap pihak yang telah berkesempatan hadir. Sebagai informasi bahwa hasil pertanian kita tahun ini Alhamdulillah berlimpah,” pungkasnya.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...