BPN Sultra Beri Kemudahan Pelayanan Masyarakat dengan Aplikasi Sentuh Tanahku

40
Kakanwil BPN Sultra, Iljas Tedjo Prijono.

Kendari, Inilahsultra.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertahanan Nasional (BPN) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat dengan Aplikasi ‘Sentuh Tanahku’ terhadap kepemilikan tanah.

Loket aplikasi ini baru diluncurkan oleh menteri semenjak tanggal 20 September 2021 itu dalam rangka untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh layanan Kantor Pertanahan Nasional (BPN) Sultra.

- Advertisement -

Kepala Kanwil BPN Sultra, Iljas Tedjo Prijono mengatakan jadi sistemnya adalah masyarakat mengunduh aplikasi di dalam Play Store kemudian masuk ke dalam aplikasi tersebut bahkan nanti disitu ada cara memandu bagaimana untuk mendapatkan data-data apa yang harus disiapkan.

“Kemudian apabila memenuhi syarat maka petugas akan menginformasikan kepada pemohon yang melalui aplikasi agar datang dikantor Pertahanan untuk mendaftarkan tanahnya dan membayar PBB yang ada,” ucapnya Iljas Tedjo Prijono, Rabu 29 September 2021.

Iljas menambahkan supaya masyarakat datang ke kantor tidak antri langsung dilayani sehingga dengan demikian maka tidak lagi ada antrian yang panjang di loket pelayanan BPN Sultra.

Untuk itu, tergantung kepada petugas karena untuk mengverifikasi data harus sesuai dengan SOP yang ada kalau proses verifikasinya terpenuh dalam waktu cepat.

“Suatu bentuk bagaimana kementeri BPN bersama kepolisian melaksanakan instruksi Presiden untuk memberantas mafia tanah dengan membantu mafia tanah yang terintegrasi antara kementeri BPN kemudian kepolisian dan kejaksaan,” tuturnya.

Untuk diketahui, mafia tanah di Sultra sudah memiliki satu kasus. Untuk itu target Sultra memiliki 1,9 juta dan mudah-mudahan tahun 2025 bisa terkafer secara keseluruhan.

Reporter: Asep Wijaya

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...