Jelang Pilkades Serentak, Wabup Butur Ingatkan Panitia untuk Optimalkan Tugas-tugasnya Secara Profesional

26
Wakil Bupati Butur, Ahali memimpin rapat persiapan Pilkades di Aula Setda Butur, Selasa 14 Juni 2022. (Foto : Hamsil/ Protokol dan Komunikasi Setda Butur).
Bacakan

Buranga, Inilahsultra.com– Kabupaten Buton Utara (Butur) bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 19 Juni 2022 mendatang. Tercatat, 39 desa yang tersebar beberapa kecamatan yang ada di Butur, akan menggelar pesta demokrasi untuk memilih kepala desa defenitif.

-Advertisements-

Demi suksesnya Pilkades tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Butur, Ahali mengingatkan kepada masing-masing tim Panitia baik di tingkat Kabupaten, kecamatan dan desa agar mengoptimalkan tugas-tugasnya secara profesional dan menjaga netralitas.

Selain itu, untuk mengantisipasi masalah-masalah pelanggaran dan kecurangan, Ahali mengimbau kepada panitia dan tim pengawas Pilkades agar memahami serta menguasai regulasi terkait aturan Pilkades.

-Advertisements-

“Sebab, apa bila terjadi kesalahpahaman dan kecurangan, maka pengawas dan panitia dapat mengambil keputusan sesuai dengan payung hukum yang berlaku,” tegas Ahali saat memimpin rapat persiapan Pilkades di Aula Setda Butur, Selasa 14 Juni 2022.

Menurut Ahali, jika pengetahuan yang dimiliki para penyelenggara panitia dan pengawas terbatas, maka masyarakat akan kurang percaya terhadap pelaksanaan Pilkades, sehingga dapat memicu terjadinya konflik.

Ahali juga berharap agar setiap proses kegiatan, mulai dari pendistribusian kotak suara sampai selesai pelaksanaan pilkades selalu ada keterlibatan dari pihak keamanan, guna menjamin lahirnya pemimpin di tingkat desa yang demokratis, berlangsung lancar, aman, dan sukses tanpa ada tindakan pelanggaran hukum.

Dalam rapat tersebut, Ahali didampingi Asisten Pemerintahan Dan Kesra Mansur, serta Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Mohammad Amaluddin Mokhram. Ikut pula dihadiri, sejumlah panitia kabupaten yang terdiri dari Staf Ahli Bupati, Kepala Diknas, Plt. Capil, Plt. Dinkes, Plt. Satpol PP, Tim Pengamanan dari TNI dan Polri, Tim Pemantau Pilkades serta para camat.

Editor : Ridho

 

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...