Ridwan Bae Ungkap Jembatan Penghubung Muna-Buton Masuk Tahap Perencanaan

258
Desain jembatan penghubung antara dua kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Muna dan Buton. (Istimewa).
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Jembatan penghubung antara dua kabupaten di Sulawesi Tenggara (Sultra), yakni Muna dan Buton sudah memasuki tahap perencanaan.

-Advertisements-

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae saat ditemui di Kelurahan Anggoeya, Kendari, Jum’at 5 Agustus 2022

Menurutnya, sekarang ini sudah kelar perencanaannya, tinggal mencari beberapa skema pembiayaan.

Adapun skema yang dimaksud ada tiga, ialah skema Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), skema Kerja Sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU), dan skema bantuan investor bantuan dari luar negeri.

Untuk skema APBN, pihaknya menjelaskan saat ini APBN sudah mulai menipis walaupun dari segi pertumbuhan sudah mulai membaik.

“Yang ke dua mungkin KPBU, tapi persoalannya apakah ada perusahaan membangun jembatan penghubung dengan anggara yang begitu besar, skema itu barangkali kita coba akan diabaikan,” tuturnya.

Namun untuk skema yang ketiga, pihaknya meminta kepada pemerintah melalui Kementerian PUPR untuk mencari investor bantuan dari luar negeri.

Hal ini, sambung politis Partai Golkar ini menjadi berat bagi skema pembiayaan. Pasalnya, kawasan timur Indonesia membangun infrastruktur belum layak dari segi ekonomi.

“Tapi saya menghendaki adalah Indonesia timur harus membangun oleh pemerintah, Pemerintah yang harus membangun duluan,” ungkapnya.

“Beda dengan kawasan Jawa, Sumatera, karena kawasan itu yang membangun duluan adalah swasta duluan baru pemerintah hanya memberikan dukungan, karena infrastruktur di situ sudah tercipta semua,” terangnya.

Untuk itu, tambah mantan Bupati Muna dua periode ini, wilayah Indonesia Timur seharusnya yang membangun pertama infrastruktur adalah pemerintah. Sebab, setelah infrastruktur tersebut tercipta, maka akan mudah masuk pengusaha. (C)

Reporter: Iqra Yudha
Editor : Ridho

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...