Latihan Evakuasi Bawa Air, BPBD Baubau Libatkan TNI AL

275
Muslimin Hibali
Bacakan

Baubau, Inilahsultra.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau menggelar pelatihan evakuasi bawa air. Pelatihan yang akan dipusatkan di Pantai Nirwana itu melibatkan anggota TNI AL.

-Advertisements-

Dari 40 anggota satuan tugas (Satgas) yang sudah dibentuk, ada 25 anggota Satgas yang mengikuti pelatihan. Jika dianggap berkompeten, 25 anggota itu akan diberikan Surat Izin Menyelam (SIM).

“Mulai besok (Selasa, 8 Mei 2018) latihannya di Pantai Nirwana selama tiga hari. Nanti yang lulus, kita berikan SIM karena itu merupakan syarat untuk menyelam,” ungkap Kepala BPBD Kota Baubau, La Ode Muslimin Hibali, Senin 7 Mei 2018.

-Advertisements-

Kata dia, BPBD mempersiapkan tim untuk melakukan evakuasi dasar laut jika terjadi kecelakaan laut. Selain itu, tim ini bukan hanya bekerja untuk wilayah pemerintahan Kota Baubau saja.

“Ini untuk evakuasi dasar laut, misalnya ada kapal tenggelam karena biasanya kapal-kapal itu punya kamar. Selain itu, jika ada kapal tenggelam di luar wilayah Baubau maka mereka yang akan di utus,” pungkasnya.

Ia menambahkan, 25 orang yang mengikuti pelatihan evakuasi dasar air itu tidak menjamin semuanya akan mendapatkan SIM.

“Jadi tidak semua. Kalau tidak berkompeten berarti tidak diberi SIM,” tandasnya.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...