Pemkab Buton Kampanye Germas

337
Kampanye Germas Jumat 13 Juli 2018.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Tingkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton menyelenggarakan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Tahun 2018 di kompleks perkantoran Bupati Buton di Takawa, Jumat 13 Juli 2018.

Sekretaris Daerah Buton Zilfar Djafar mengatakan, gerakan masyarakat hidup sehat adalah salah satu tindakan secara bersama-sama oleh seluruh komponen dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berprilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

- Advertisement -

“Germas memiliki beberapa tujuan mulai dari menghindari penyakit menular dan tidak menular, membiasakan pola hidup sehat agar angka kematian maupun kecacatan menurun, menghindari terjadinya produktivitas, menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan tersebut meliputi enam kegiatan yakni melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah, memeriksa kesehatan secara rutin, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol dan membersihkan lingkungan tempat tinggal.

Menurut dia, pada tahun 2018 ini, Germas lebih fokus pada 3 pilar kegiatan. Yakni, melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi sayur dan buah serta memeriksa kesehatan secara rutin guna mendektesi secara dini penyakit tidak menular maupun menular.

Kepala Dinas Kesehatan Buton Sumardin menambahkan, yang penting dalam kegiatan kali ini adalah pantauan pertumbuhan anak Posyandu, penuhi kebutuhan gizi selama ibu mengandung, dan penuhi asumsi gizi anak terutama tiga tahun sejak lahir.

“Kemudian gemar konsumsi sayur dan buah, olahraga secara teratur minimal 30 menit dalam sehari kemudian memeriksa kesehatan secara teratur,” jelasnya.

Sumardin menuturkan, kegiatan kampanye Germas ini, tidak berhenti hari ini saja. Kegiatan itu akan terus dilakukan sosialisasi di masyarakat. Karena tujuan kegiatan tersebut adalah kepentingan seluruh lapisan masyarakat di Indonesia khususnya di Buton.

“Karena kegiatan kali ini merupakan salah satu nawa cita Presiden Joko Widodo,” jelasnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...