Pengganti La Bakry Belum Dibahas

701
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Teka teki siapa yang akan mendampingi Bupati Buton La Bakry sebagai wakil bupati, masih harus menunggu Peraturan Presiden (PP).

Ketua DPRD Buton, Laode Rafiun mengatakan, semua partai politik (Parpol) pengusung berhak mengajukan calon. Namun mekanismenya masih harus menunggu PP.

- Advertisement -

Menurut Rafiun, parpol pengusung tidak bisa mengusul calon wakil bupati secara sembarangan. Pasalnya, perlu petunjuk teknis tentang tata cara pelaksanaan pengisian jabatan wakil bupati bukan pemilihan.

β€œIni nanti pengisian jabatan wakil bupati bukan pemilihan,” tegasnya.

Ketua DPD PAN Buton ini menjelaskan, sampai saat ini belum ada rapat bersama parpol koalisi pada Pilkada Buton 2017 lalu untuk mengusulkan dua nama calon wakil bupati. Bila nanti sudah ada, maka nama tersebut akan diserahkan kepada pemerintah daerah, dan selanjutnya dibawa ke DPRD Buton.

β€œIni tidak akan lama lagi. Yang jelas semua parpol pengusung berhak mengusulkan calonnya,” ujarnya.

Perlu diketahui, pada Pilkada Buton 2017 lalu dimenangkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Buton, Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry.

Dalam perjalanannya, Samsu Umar Abdul Samiun tersandung kasus penyuapan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Akil Muchtar terkait Pilkada Buton 2012 lalu.

Setelah menjalani proses sidang, mantan Ketua DPW PAN Sultra itu dijatuhi hukuman 3 tahun 9 bulan dan diberhentikan dari jabatannya sebagai Bupati Buton.

Kemudian wakilnya, La Bakry menggantikan posisi Umar Samiun sebagai Bupati Buton. Praktis jabatan Wakil Bupati Buton kosong hingga saat ini.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...