KPU Butur Tetapkan Sebanyak 33 Bacaleg TMS, Kini Jumlah DCS 178 Orang

890
 

Buranga, Inilahsultra.com– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Buton Utara (Butur) menetapkan sebanyak 178 bakal calon legislatif (Bacaleg) yang memenuhi syarat (MS) dari 211 Bacaleg yang mendaftar melalui 14 partai politik (Parpol). Penetapan ini dilakukan pada rapat pleno penetapan Daftar Calon Sementara (DCS), Minggu, 12 Agustus 2018 di gedung KPU setempat. Dalam rapat itu ikut dihadiri perwakilan Parpol serta Bawaslu Butur.

Komisioner KPU Butur Muh Sairman Sahadia mengatakan, sebanyak 33 Bacaleg yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) berasal dari berbagai tujuh Parpol.

- Advertisement -

“Ada 178 calon dalam DCS yang ditetapkan dari jumlah bakal calon yg diajukan oleh partai politik saat pengajuan pendaftaran calon yaitu 211 bakal calon,” kata Sairman.

Maman panggilan akrab Muh Sairman Sahadia ini mengungkapkan, 33 Bacaleg TMS itu dicoret karena tidak melengkapi berkas dalam perbaikan dan dinyatakan tidak memenuhi syarat saat verifikasi.

“33 orang di TMS kan karena tidak lagi melengkapi kekurangan berkas syarat bakal calonnya,” ujarnya.

Dibeberkannya, sebanyak 33 Bacaleg TMS itu yakni dari Partai Perindo, dimana pada saat pendaftaran mengajukan 20 orang, di DCS tersisa 5 orang MS atau sebanyak 15 TMS. Selanjutnya, Partai Nasdem pendaftaran mengajukan 19 orang, yang tersisa di DCS 18 orang, TMS 1 orang.

Kemudian, PBB sebelumnya mengajukan 12 orang, di DCS sisa 11 dengan TMS 1 orang. PKPI mengajukan 7 orang saat di DCS sisa 5 dengan TMS 2 orang. Partai Berkarya mengajukan 7 orang tersisa, semuanya dicoret karena tidak melakukan perbaikan berkas alias DCS kosong.

Berikutnya, PKS saat pengajuan sebanyak 20 orang, setelah di DCS tersisa 18 orang atau TMS sebanyak 2 orang. Terakhir, PAN saat pengajuan sebanyak 18 orang, saat DCS tersisa 13 orang, atau TMS sebanyak 5 orang.

Setelah penetapan DCS ini, memasuki tahapan penerimaan tanggapan dari masyarakat terkait rancangan DCS yang telah ditetapkan.

“Kita akan memasuki tahapan pemasukan tanggapan dari masyarakat atau publik dari hasil DCS kami, dari tanggal 12 sampai 21 Agustus 2018,” terang Maman yang juga Divisi Teknis KPU Butur ini.

Maman juga menjelaskan, Bacaleg yang sudah dinyatakan MS di DCS, bisa saja berubah jadi TMS jika ada tanggapan yang terbukti.

Setelah tahapan penerimaan tanggapan, KPU akan memasuki masa klarifikasi jika terdapat tanggapan dari masyarakat untuk salah satu Bacaleg. Dari tanggal 22 Agustus sampai 20 September masa klarifikasi. Usai itu baru penetapan Daftar Calon Tetap (DCT) pada tanggal 20 September.

Editor : Aso

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...