KPU Tetapkan Tampil Manis Pemenang Pilwali Baubau

516
 

Baubau, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Baubau resmi menetapkan pasangan AS Tamrin dan Monianse (Tampil Manis) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau melalui rapat pleno terbuka di halaman kantor KPU Baubau, Senin 13 Agustus 2018.

Penetapan pasangan yang dikenal dengan Tampil Manis itu dilakukan setelah melalui proses panjang. Salah satunya harus terlebih dahulu berurusan dengan Mahkamah Konstitusi (MK) akibat adanya gugatan.

- Advertisement -

Penetapan tersebut tertuang dalam surat keputusan KPU Baubau nomor 78/PL.03.7-KPT/7472/Kota/VIII/2018 tentang penetapan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau terpilih dalam pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwali) Baubau 2018.

“Menetapkan pasangan nomor urut dua, Dr H AS Tamrin MH dan La Ode Ahmad Monianse sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Baubau periode 2018-2023 dengan perolehan suara sebanyak 23.573 atau persentase 31.11 persen dari total suara sah se Kota Baubau. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan,” baca Ketua KPU Baubau Edi Sabara dalam putusannya.

Kata dia, setiap kegiatan Pilkada pasti banyak terjadi dinamika. Namun dinamika tersebut sudah dianggap hal biasa dalam demokrasi.

“Namun dalam regulasi memungkinkan seperti itu,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Baubau terpilih Laode Ahmad Monianse dalam klosing stetmentnya mengapresiasi kinerja penyelenggara dalam hal ini KPU dan Panwaslu Baubau karena proses Pilwali Baubau berjalan sukses.

Tak lupa pula, Ketua PDIP Baubau itu memuji TNI/Polri yang tetap menjaga pesta demokrasi di Kota Baubau berjalan kondusif dan lancar.

“Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada KPU dan Panwas yang telah menyelenggarakan Pilkada ini dalam keadaan kondusif serta terkendali. Tentunya ini bersatu juga dari jajaran Kepolisian dan TNI yang telah membantu mengamankan agenda nasional yang juga menjadi agenda penting di daerah ini,” pungkas Monianse.

Rapat pleno terbuka tersebut dijaga ketat aparat keamanan gabungan TNI/Polri yakni Polres Baubau, Polres Buton, Brimob Batauga dan Kodim 1413 Buton.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...