Wartawan Inilahsultra.com Raih Juara II Lomba Menulis Feature

324
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Wartawan Inilahsultra.com, Waode Yeni Wahdania berhasil meraih juara kedua pada lomba penulisan berita. Lomba ini digelar dalam rangkaian Festival Pesona Budaya Tua Buton yang ditutup pada Minggu malam 26 Agustus 2018.

Yeni sapaannya, membuat feature tentang Posuo atau pingitan. Dalam tulisan berjudul ‘Tradisi Posuo di Buton, Penanda Gadis Siap Dipinang’ itu menggambarkan tentang ritual Posuo gadis-gadis di Buton.

- Advertisement -

Yeni mengulas tentang prosesi awal Posuo yang melibatkan para dukun atau Bisa dalam bahasa Buton. Sekaligus mengulas tentang perbandingan Posuo pada masa lampau dan saat ini.

Bahkan, dalam tulisan itu juga memuat tentang berbagai macam tanda bagi gadis yang menjalani prosesi Posuo masih perawan atau tidak. Semua diisyaratkan dari gendang yang dipukul pada hari terakhir Posuo.

Bukan hanya itu, tulisan Yeni juga mengulas tentang ritual Posuo bagi gadis yang bergelar bangsawan atau masyarakat biasa.

Dalam lomba penulisan feature, juara pertama berhasil diraih wartawan Rakyat Sultra Syahrin dan juara ketiga wartawan Publiksatu.com atas nama Agusrin.

Editor: Din

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...